Momentum 100 Tahun, Gedung BAT Jadi Destinasi Wisata dan  Dibuka Untuk Umum Akhir Tahun 2024

Cirebon,- Destinasi wisata baru gedung ex British American Tobacco atau BAT akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2024. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, Kamis (22/2/2024).

“Gedung ex BAT sampai saat ini masih terus berproses melakukan revitalisasi yang nanti akan diproyeksikan menjadi sebuah destinasi wisata, yang memadukan konsep kemajuan kebudayaan maupun pengembangan di sektor industri pariwisata,” ujar Agus saat ditemui About Cirebon di kantornya.

Tahun 2024 ini, kata Agus, adalah momentum genap 100 tahun gedung BAT. Menurut informasi dari pemilik bangunan BAT, direncanakan pada akhir tahun 2024 gedung ex BAT tersebut akan dibuka untuk umum.

BACA YUK:  Arus Balik Lebaran 2024, Penumpang KA di Wilayah Daop 3 Cirebon Masih Tinggi

“Rencananya di momentum genap 100 tahun gedung BAT, destinasi wisata ini akan dibuka pada akhir tahun antara bulan November atau Desember 2024. Konsep Cirebon zaman dahulunya akan tergambar di museum, kuliner, dan ada beberapa dokumentasi terkait Cirebon jaman kolonial,” katanya.

“Tidak ketinggalan juga, pengembangan UMKM, ekonomi kreatif juga tersedia, termasuk retail modern dan cinema akan hadir di gedung ex BAT ini,” sambungnya.

Pengembangan gedung ex BAT tersebut, menurut Agus, merupakan sebuah potensi bahwa, dengan beroperasinya gedung BAT dan didukung di kawasan kota pusaka, akan menjadi pendorong untuk pengembangan kawasan Kota Pusaka. Di samping, Pemerintah Daerah akan mewujudkan mimpi untuk pembuatan kampung wisata Arab di Panjunan.

BACA YUK:  Gedung BAT Akan Dijadikan Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon

“Konsep gedung BAT itu, kami sudah melakukan beberapa evaluasi. Gedung BAT ini bisa mewakili Cirebon dan ke depan bisa meningkatkan kunjungan wisata domestik maupun internasional,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *