Moeldoko : Pembangunan di Indonesia Bukan Hanya Fisik Namun Membangun Manusianya Juga

Cirebon,- Kepala Staf Presiden (KSP) Jendral TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko menghadiri tabligh akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Panggung Budaya Gua Sunyaragi, Jalan Brigjen Darsono Bypass, Kota Cirebon, Rabu (9/11/2022). Turut hadir dalam kegiatan tersebut KH. Musthofa Aqiel Siradj pengurus Ponpes Khas Kempek Cirebon.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Majelis Kiyai dan Santri Pembangunan Cirebon ini, menunjuk Moeldoko sebagai pembina majelis tersebut. Bahkan pihaknya tertarik oleh konteksnya yaitu pembangunan.

“Dalam konsep pembangunan itu, membangun seutuhnya. Pembangunan Indonesia itu bukan hanya fisik, tetapi membangun manusianya, karakternya, dan pembangunan fisiknya, semuanya terintegrasi dengan baik,” ujar Moeldoko.

BACA YUK:  Rayakan HUT ke-2, PT Equityworld Future Cirebon Berbagi Ratusan Paket Sembako

Dari Majelis Kiai dan Santri Pembangunan ini, pihaknya berharap dari beliau-beliau nanti akan mendistribusikan informasi-informasi yang benar tentang Indonesia dan menjaga stabilitas dengan baik. Apalagi, menurut Moeldoko, sebentar lagi akan memasuki tahun politik.

“Minimum, ibu-ibu dan bapak-bapak bisa menjadi katalisator, jangan sampai terjadi polarisasi. Karena, polarisasi adalah sebuah proses, sebuah fenomena politik dimanapun, termasuk di Amerika terjadi polarisasi,” katanya.

“Tetapi yang bisa kita manage adalah bagaimana polarisasi itu tidak menuju kepada disintegrasi. Pastilah ada polarisasi, tetapi polarisasi yang termanage. Intinya jangan sampai polarisasi itu menuju kepada perpecahan, karena kita akan seperti poco-poco gitu,” sambung Moeldoko.

BACA YUK:  Posyandu Adelia Kota Cirebon Kembali Ikuti Seleksi Administrasi Lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat

Sampai saat ini, menurut Moeldoko, ciri-ciri tersebut belum terlihat. Namun, pihaknya memiliki pengalaman pada pemilu yang lalu menjadi pembelajaran bagi kita semuanya.

“Bukan hanya bagi pemerintah, tetapi bagi masyarakat semuanya bahwa kondisi seperti itu tidak boleh berlanjut,” pungkasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *