Menteri Agama Luncurkan Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia di Cirebon

Cirebon,- Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (15/12/2021). Kampus berbasis siber ini baru meluncurkan satu program studi (Prodi) yakni Pendidikan Agama Islam (PAI).

Hadirnya UISSI menurut Yaqut ingin menjawab kebutuhan anak-anak bangsa yang kesulitan mengakses pendidikan karena jarak dan biaya. Universitas Siber ini diharapkan, anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi mereka bisa mengakses pendidikan dengan mudah.

BACA YUK:  Seru dan Edukatif, Komunitas Cirebon Babywearers Gelar Halal Bihalal Dan Talkshow

“Mereka tidak perlu datang ke kampus, mereka bisa melakukan kuliah dari rumah masing-masing. Dan ini diberikan beasiswa penuh dari Kementerian Agama bagi mahasiswa yang kuliah disini sekarang dan tahap pertama untuk 200 mahasiswa,” ujar Yaqut kepada awak media usai soft launching UISSI.

200 mahasiswa tahap pertama ini, lanjut Yaqut, dibebaskan biaya alias mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama. Ke depan, menurut Yaqut, Universitas Siber ini akan dikembangkan menjadi sebuah Universitas Siber yang lebih luas, sehingga lebih mampu menjangkau anak-anak bangsa yang menginginkan pendidikan yang lebih tinggi.

BACA YUK:  Meriahkan Hari Jadi Cirebon, Metland Hotel Cirebon Berikan Diskon Hingga 65,3 Persen

“Kekurangan kita, karena masih keterbatasan fakultas dan kita sedang kejar supaya fakultas ini bisa segera bertambah. Saya akan komunikasi dengan Pak Menpan RB agar penambahan fakultas ini bisa disegerakan,” ungkapnya.

“Ini sudah beroperasi dan mulai perkuliahan untuk 200 mahasiswa ini. Tentu ke depan saya berharap di semester depan akan menambah program studi dan fakultas. Sekarang Prodinya baru PAI, ke depan kita akan kembangkan prodi-prodi yang lain,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 50 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.