Menhub Tinjau Pembangunan Gedung Pelayanan Baru di Terminal Harjamukti

Cirebon,- Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan gedung baru di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (12/3/2021). Menurut Budi, pembangunan gedung pelayanan di terminal tipe A untuk meningkatkan pelayanan.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyarankan pembangunan gedung di terminal Cirebon harus memiliki ciri khas kearifan lokal.

“Jangan sampai lupa menggunakan kearifan lokal, misal di Cirebon ini ikonnya batik, ya harus ada batik-batiknya,” ujar Budi.

Budi menjelaskan pembangunan gedung pelayanan baru di terminal tipe A hampir dilakukan di 100 terminal. Untuk meningkatkan pelayanan, lanjut Budi, pemerintah daerah dan lainnya untuk bersinergi.

BACA YUK:  Komisi I DPRD Kota Cirebon Minta Fasilitas Publik, BRT, dan PJU Ditingkatkan

“Pemda dan pihak lainnya untuk sama-sama bersinergi agar dapat membantu peningkatan pelayanan di terminal,” ungkapnya.

Selain itu, Budi mendorong untuk adanya kerja sama dengan pihak swasta. Dengan kerja sama dengan pihak swasta, kata Budi, terminal bisa membiayai sendiri.

“Kementerian tentu banyak sekali tugas, harus menangani dermaga dan terminal di seluruh Indonesia. Jadi, (kerja sama dengan swasta) bisa membantu pemerintah pusat,” kata Budi Karya.

Tak hanya pembangunan gedung pelayanan baru, Budi mengaku senang dengan adanya program uji KIR Keliling. Menurutnya uji KIR keliling akan segera dilakukan.

BACA YUK:  Polresta Cirebon Berencana Buka Pesantren untuk Anak Muda

“Karena kita tahu, untuk uji KIR ini biaya di tingkat dua sangat terbatas. Kita akan berikan alat uji KIR mobile. Untuk di Jabar alat ini bisa dipakai di 10 daerah,” kata Budi Karya.

“Untuk pelaksanaan uji KIR mobile ini harus ada kerja sama antara dirjen dan kepala balai, termasuk pemda,” tandasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *