Menhub: Mudik Tahun Lalu Penyebab Kecelakaan, 70 Persen Roda Dua

Cirebon,- Angkutan Umum bermacam-macam, seperti angkutan laut, udara, dan darat. Menurut Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadai mengatakan angkutan udara merupakan paling baik.

“Peminat angkutan udara naik kira-kira 9 persen,” ujarnya usai menghadiri kegiatan Kuliah Umum dan Dialog Nasional di Kampus Unswagati, Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Minggu (20/5/2018).

Menurutnya, kenaikan tersebut karena dilakukan improvment di angkutan udara dengan mengaktifkan sampai pukul 24.00. Kemudian juga menggunakan pesawat-pesawat besar dan memberikan slot-slot khusus.

“Jadi angkutan Udara akan memberikan suatu ruang pertumbuhan yang bagus sekali,” ungkapnya.

BACA YUK:  Honda LPPM Kuningan Resmi Dibuka, Hadir Dengan Fasilitas Layanan 3S

Kemudian, untuk Angkutan Laut pemerintah menyediakan angkutan bebas motor, yaitu memberikan gratis untuk motor. Selain itu juga, di angkutan darat pemerintah memberikan angkutan gratis dan motor.

“Yang paling penting, bagaimana kita mengatur sebaiknya tidak menggunakan motor saat mudik, karena motor banyak terjadi kecelakaan,” bebernya.

Menurutnya, mudik tahun kemarin saja mencapai 70 persen kecelakaan terjadi karena motor. “Kan kasihan, sudah senang-senang, tiba-tiba masalah,” katanya.

Melihat kepadatan arus mudik di jalur darat, kata dia, akan lebih terasa kalau dilakukan dua hal, yang pertama secara moda gunakan angkutan kapal atau kereta api.

BACA YUK:  Masih Minim, Capaian Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Kota Cirebon Baru 1 Persen

Terpopuler

“Lintasan gunakan juga yang umum dan jangan mengandalkan waktu, seperti dua atau tiga hari mau lebaran, lakukanlah H-6 lebaran,” jelasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *