Mengenang NJVB, Klub Bentukan Cirebon-Tegal-Pekalongan

Cirebon,- Perkembangan sepak bola Cirebon tak lepas dari pengaruh Hindia-Belanda. Sebelum era PSIT dan Cheribon Voetbal Bond (CVB), ternyata Cirebon sempat bekerja sama dengan klub sepak bola asal Tegal dan Pekalongan. Tiga daerah tersebut sepakat membentuk klub sepak bola bernama NJVB (Noord-Java Voetbal Bond).

Tim sepakbolacirebon.id menelusuri sejumlah arsip tentang sepak terjang NJVB. Arsip milik Rec Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF) menyebutkan, NJVB didirikan pada 27 Juli 1924. Saat itu Cirebon bentuk pemerintahannya Gemeente Cheribon. Begitupun dengan Tegal dan Pekalongan.

Dalam catatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten menyebutkan, Cirebon resmi menjadi gemeente atau kota praja pada 1 April 1906. Kota praja setingkat dengan kabupaten. Setelah menjadi gemeente, tepatnya 1926, Cirebon resmi menjadi stadsgemeente. Nah, setahun berikutnya Cirebon bergabung dengan Tegal dan Pekalongan membentuk NJVB.

BACA YUK:  Community Leaders Cirebon Dibekali Pelatihan untuk Mendukung UMKM Naik Kelas

RSSSF menyebutkan, NJVB dibentuk oleh 11 klub sepak bola lokal asal Cirebon, Tegal dan Pekalongan. NJVB berusaha tampil di kompetisi teratas saat itu. Pada era NJVB kompetisi teratas atau antarkota dikelola oleh Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB).

NIVB sejatinya dibentuk oleh enam klub sepak bola yang tampil di stedenwedstrijden (kompetesi antarkota). Enam klub sepak bola yang membentuk NIVB di antaranya Batavia (Jakarta), Soerabaja (Surabaya), Bandoeng (Bandung) dan Semarang.

Balik lagi ke sepak terjang NJVB. Setahun setelah dibentuk, tepatnya pada 1925 NJVB untuk pertama kalinya tampil dikualifikasi stedenwedstrijden. Tahun pertama kualifikasi stedenwedstrijden, NJVB bertemu dengan Bandoeng pada 1925 di Sidoligveld. NJVB takluk dengan skor 3-0.

BACA YUK:  Pria Cirebon yang Dituduh Bjorka Minta Perlindungan di Polres Cirebon Kota

Tahun berikutnya NJVB kembali tampil di babak kualifikasi untuk bisa tampil di stedenwedstrijden, dan bertemu Bandoeng lagi di Nieuw-Houtrust, Bandoeng. Lagi, NJVB takluk dalam laga melawan Bandoeng. NJVB berhasil membobol gawang bandung dua kali. Namun, tim bentukan Cirebon, Tegal dan Pekalongan itu kebobolan lima gol dalam laga kualifikasi. Skor akhir 5-2 untuk Bandoeng.

Setelah melakoni dua laga, NJVB mengalami kesulitan keuangan. Keanggotan NJVB di NIVB pun ditangguhkan, karena gagal membayar biaya keanggotaan. NJVB pun dikeluarkan dari anggota NIVB pada 1927.

BACA YUK:  Tekan Stunting, Pemda Kota Cirebon Gencar Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan

Setelah dikeluarkan dari keanggotaan NJVB. Belum ditemukan literatur yang menceritakan tentang perjalanan NJVB di kompetisi saat itu. Kemungkinan, NJVB bubar. Sebab, beberapa tahun setalah NJVB bubar, Cirebon membentuk klub bernama Cheribon Voetbal Bond (CVB).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *