Mengenal Wisata Batu Lawang di Gempol Cirebon

0
377
Objek wisata batu lawang dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah (foto : IG @nuvinrl)

Cirebon kini dikenal sebagai destinasi wisata kuliner dan sejarah. Peninggalan budaya seperti keraton, batik dan makanan khas menjadi daya tarik wisata. Namun, kini ada sejumlah objek wisata baru yang mulai diperkenalkan untuk menjadi daya tarik lain bagi wisatawan.

Salah satunya Objek wisata Batu Lawang di Desa Cupang, Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Di Objek wisata ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan tebing bebatuan.

Aston Hotel

Dengan dikelilingi bukit barisan, Batu Lawang menyimpan keindahan alam yang juga dapat dijadikan objek foto dari berbagai sudut pandang. Berikut beberapa uraian tentang objek wisata Batu Lawang.

Lokasi objek wisata batu lawang di Desa Cupang Kec Gempol Kab Cirebon (foto: IG dianalestari1994)

1. Bukit Batu berbentuk Pintu

Dari namanya, Batu Lawang yaitu batu berbentuk pintu. Nama tersebut disematkan karena salah satu bebatuan yang ada di tebing terlihat seperti batu. Lokasi wisata seluas 3 hektar ini sudah dikenalkan sejak tahun 2017 lalu.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Awalnya warga Desa Cupang bekerja sama dengan Perhutani membuka lahan tersebut untuk objek wisata. Setelah Kerja sama itu sejumlah fasilitas terus dilengkapi diantaranya membuat zona foto dan lokasi parkir.

Dari ketinggian 50 meter, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitar perbukitan Jaya Desa Cupang, yakni Bukit Kapur, Bukit Leneng, Bukit Hanjuang, dan Bukit tertinggi, yakni Bendera.

2. Lahan Panjat Tebing

Lokasi Batu Lawang yang berbentuk tebing curam tinggi ini menjadi lokasi buruan bagi olahraga panjat tebing. Tebing yang curam itu cocok bagi para pehobi karena bentuk tebing sedikit menjurus kedepan. Bahkan di beberapa kali kesempatan, lokasi ini juga dijadikan tempat mengadakan kegiatan perlombaan olahraga ekstrem.

Karena Sebelum dijadikan objek wisata, Batu Lawang ini kerap digunakan sebagai lokasi diklatsar organisasi pencinta alam.

3. Lokasi Tersembunyi

Wisata Batu Lawang ini termasuk salah satu yang baru dan jarang dikunjungi. Butuh waktu sekitar 35 menit perjalanan dari Kota Cirebon menuju lokasi yang terletak di Desa Cupang Kecamatan Gempol. Desa Cupang sendiri merupakan salah satu daerah paling ujung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka. Sedangkan untuk Tiket masuk ke kawasan wisata Batu Lawang Rp 5000, parkir motor Rp 3000, dan parkir mobil Rp 5000.

Dan yang untuk hobi jepret-jepret, Batu Lawang punya banyak sekali spot foto. Apalagi kalau diabadikan kecantikannya menggunakan drone. Jadi Batu Lawang sepertinya harus dimasukan dalam daftar liburan akhir pekan ini. (AC350)