Mengaku Intel, Pelaku Tipu Pelajar di Cirebon dan Mengambil Handphone Korban

Cirebon,- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Cirebon mengungkap kasus penipuan yang terjadi di wilayah Pabuaran, Kabupaten Cirebon.

Pelaku penipuan tersebut mengaku anggota Intel Polresta Cirebon dengan menyasar para pelajar yang menggunakan sepeda motor dan membawa handphone.

Wakapolresta Cirebon, AKBP Arif Budiman menjelaskan modus pelaku mengaku sebagai anggota Intel Polisi dan menyasar kepada para pelajar yang membawa sepeda motor dan memiliki handphone.

“Pelaku mendekati korban dan menuduh korban, bahwa sepeda motor yang digunakan sebagai sarana dalam hal transaksi narkoba,” ujar Arif saat Press Rilis yang berlangsung di Mapolresta Cirebon, Senin (24/8/2020).

BACA YUK:  Hasil Sidak, Hewan Ternak di Kecamatan Gebang Tidak Terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut

Lanjut Arif, pelaku kemudian berpura-pura memeriksa handphone korban dan menjadi handphone korban seolah-olah sebagai barang bukti dalam tindak pidana narkotika.

“Menarik dalam perkara ini adalah, rata-rata korbannya adalah pelajar yang kemudian berusia kurang lebih antara usia 15 sampai 16 tahun,” terangnya.

Dari hasil perkembangan kasus tersebut, Satreskrim Polresta Cirebon berhasil menangkap satu orang pelaku utama atas nama inisial MH dan satu orang penadah atas nama inisial AS.

“Dari pelaku dan penadah diamankan barang bukti handphone sebanyak 5 unit dan kendaraan sebagai sarana,” bebernya.

BACA YUK:  Komunitas CBW Berbagi Takjil dan Makanan kepada Para Pengguna Jalan

Menurut Arif, dalam fakta pengembangan saat ini kurang lebih ada 15 TKP yang berhasil diidentifikasi, yang mana rata-rata korban pelajar dan lokasi di wilayah Cirebon Timur.

“Tersangka dikenakan pasal 378 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan sudah ditahan di Rutan Polresta Cirebon guna proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, khususnya para pelajar yang pernah mengalami sebagai korban kejahatan dengan modus serupa, silakan datang ke Polresta Cirebon.

“Apabila handphonenya ada, maka kami pastikan proses pengambilan barang bukti gratis tidak dipungut biaya,” tandasnya. (AC212)

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 17 April 2022
(Dilihat: 15 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.