Rabu, 27 Mei 2020

Masalah yang Dihadapi Selama Belajar di Rumah dan Mekanisme Kelulusan Serta Kenaikan Kelas

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Masjid Raya At-Taqwa dan Masjid Sang Cipta Rasa Tidak Menggelar Salat Id

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memperpanjang masa PSBB tahap kedua selama 14 hari kedepan.PSBB tahap kedua sudah dimulai...

Inilah Keputusan Bupati Cirebon dan Peraturan Bupati Cirebon tentang PSBB

Keputusan Bupati Cirebon Nomor : 443/Kep.235-Hukum/2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Hukum Kabupaten Cirebon dalam rangka...

Inilah Peraturan Wali Kota Cirebon tentang PSBB Tahap Kedua

Peraturan Wali Kota Cirebon No. 15 Tahun 2020. Klik : PDF PERWAL NO 17 TH 2020 TTG PSBB Tahap...

Cirebon,- Keputusan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan memberlakukan penerapan belajar di rumah terdapat berbagai masalah.

Masalah yang dihadapi selama belajar jarak jauh atau daring, dihadapi tidak hanya oleh peserta didik, namun juga pendidik.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengatakan selama penerapan masa belajar di rumah untuk sekolah se-Kota Cirebon terdapat masalah yang dihadapi selama belajar jarak jauh.

“Masalah yang di hadapi tidak hanya dihadapi oleh peserta didik, namun oleh pendidik seperti SDM yang belum terbiasa terhadap aplikasi pembelajaran,” ujar Irawan dalam keterangannya, Jumat (1/5/2020).

Loading...

Lanjut Irawan, masalah yang dihadapi selama pembelajaran di rumah juga tidak semua peserta didik mempunyai komputer, laptop, atau handphone.

Bahkan, pembelajaran melalui video dan audio, kualitasnya tidak dapat diterima dengan baik.

“Dan, tidak semua peserta didik mampu membeli kuota internet,” ungkapnya.

Menurut Irawan, untuk penganggaran membeli pulsa atau paket data, serta layanan daring tidak dapat diterapkan dalam waktu sekarang.

“Kalau untuk sekarang layanan daring tidak dapat diterapkan, kemungkinan bisa ditahap dua dan disesuaikan dengan juknis (petunjuk teknis) terbaru,” kata Irawan.

Sementara, terkait dengan rumus penilaian kelulusan dan kenaikan Sekolah Dasar dan SMP selama masa Pandemi Covid-19 ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir.

“Untuk rumus kelulusan SD sederajat, ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir yaitu kelas 4, 5, dan 6 semester gasal. Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan,” bebernya.

Kemudian untuk kelulusan SMP dan SMA sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

“Sedangkan kenaikan kelas pada SD sederajat dan SMP sederajat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor, prestasi sebelumnya, dan penugasan,” terangnya.

Sampai saat ini,kata Irawan, untuk kurikulum khusus tidak dipersiapkan jika masa pandemik belum berakhir. Akan tetapi, model pembelajaran jarak jauh atau daring kemungkinan dipersiapkan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tenant Grage Mall Dan Grage City Mall Siap Ikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Cirebon,- Grage Group akan membuka operasional Grage Mall dan Grage City Mall, mulai Kamis 28 Mei 2020.Operasional Mall akan...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok, Kamis 28 Mei 2020.Seluruh tenant...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan Panjunan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon⁣,...

Dampak Pandemi, Oleh-oleh Khas Cirebon Turun Hingga 90 Persen

Cirebon,- Dampak dari Pandemi Covid-19 dan juga larangan mudik oleh pemerintah, mengakibatkan omset tempat oleh-oleh khas Cirebon menurun drastis.Seperti yang dialami toko Oleh-oleh Daud...

25 Tahun Telkomsel Konsisten Melayani Negri Untuk Terus Bergerak Maju Bersama Indonesia

Jakarta,- Pada hari ini Telkomsel telah hadir di tengah masyarakat selama genap 25 tahun. Selama perjalanannya, Telkomsel secara konsisten memperkuat komitmen untuk mendampingi dan...

More Articles Like This