Marani Ngopi Cirebon Ajak Tadarus Kopi Bareng Santri

Cirebon,- Forum Kopi Marani Ngopi Cirebon bekerja sama dengan beberapa kedai kopi mengadakan kegiatan yang berbeda di bulan Ramadan. Dengan tema “Tadarus Kopi Bareng Santri” yang diadakan di Pondok Pesantren Gedongan Cirebon menjadi hal unik dan menarik, Jumat (25/5/2018).

Pegiat Marani Ngopi, Adri mengungkapkan tujuan utama diadakan kegiatan ini yakni untuk membudayakan mengopi di pesantren dan mengenalkan kopi nusantara.

“Ternyata pada praktiknya budaya ngopi sudah lestari di pondok. Tadi juga banyak santri yang mengantre mau ngopi,” kata Andri.

BACA YUK:  Berjalan Sukses, Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Angka Kecelakaan di Wilayah Hukum Polres Cirebon Kota Nihil

Selain itu, budaya mengopi di pondok pesantren, seperti di Gedongan, sudah menjadi hal lumrah. Pondok Pesantren tertua di Cirebon ini ternyata sudah membudayakan mengopi sebelum Cirebon masuk dalam fase euforia di dunia kopi.

“Meskipun para santri hanya menggunakan alat tradisional, tapi santri sudah lebih dulu membudayakan ngopi di pondok,” kata dia.

Adri juga mengatakan salah satu pengasuh Pondok Gedongan menyatakan konsumsi kopi para santri di pondok bisa mencapai 20 kg per minggunya.

“Ini luar biasa. Konsumsi kopi santri lumayan besar,” kata dia.

BACA YUK:  Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Pemuda Pancasila Kota Cirebon Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Sementara itu, salah seorang pengasuh asrama Ponpes Gedongan, Gus Idrus, memberi apresiasi atas inisiasi Forum Marani Ngopi Cirebon yang berbagi kopi dengan para santri.

“Untuk kegiatan ini, kami perwakilan pondok berterima kasih sudah mau mengedukasi santri soal kopi,” imbuhnya. (AC560)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *