MAKIN Cirebon Gelar Pesta Dewa Kwan Seng Tee Koen

Cirebon,- Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Cirebon menggelar Pesta Dewa Kwan Seng Tee Koen di Klenteng Talang, Kota Cirebon, Sabtu (23/7/2022). Acara tersebut dalam rangka Memperingati Sejit Ke – 1862 “Kwan Seng Tee Koen” Lakgwee 24 – 2573.

Arak-arakan tersebut, dimulai dari Klenteng Talang – Jalan Pasuketan – Jalan Winaon – Jalan Kanoman – Jalan Talang – dan berakhir kembali di Klenteng Talang. Acara ini dimeriahkan dengan Barongsai & Naga Liong Naga Mas Cirebon, dan Joli Dewa Kwan Seng Tee Koen.

BACA YUK:  Info Loker : Olea Beauty Clinic

Teddy Setiawan, selaku Ketua MAKIN Cirebon mengatakan kegiatan ini dalam rangka ulang tahun Dewa Kwan Seng Tee Koen. Acara ini dibarengi juga dengan Hari Jadi Cirebon ke-653.

Kirab Tolak Bala

“Acara ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Cirebon, kebetulan kemarin hari ulang tahun Dewa Kwan Seng Tee Koen. Jadi, sekalian diselenggarakan arak-arakan untuk tolak bala agar terhindar dari segala macam marabahaya,” ujar Teddy saat ditemui About Cirebon.

“Sehingga, kita bisa hidup tenang, tentram, sejahtera bagi masyarakatnya,” sambungnya.

BACA YUK:  Gebyar NIB 1.000 UMKM, Perkuat Ekonomi Melalui UMKM

Kegiatan Pesta Dewa Kwan Seng Tee Koen diselenggarakan setiap tahun, namun kata Teddy, kegiatan itu hanya diselenggarakan secara internal. Karena tahun ini berbarengan dengan Hari Jadi Cirebon.

“Biasanya kegiatan ini intern aja, tidak keliling seperti sekarang. Tapi karena kebetulan Hari Jadi Cirebon, sekalian tolak bala,” katanya.

Menurut Teddy, sejatinya Dewa Kwan Seng Tee Koen merupakan dewa pelindung, panglima perang yang melindungi rakyatnya. Sehingga, diharapkan masyarakat di Kota Cirebon ikuti dilindungi.

“Kami berharap, semoga semua berjalan lancar dan masyarakat Cirebon hidup saling toleransi, damai, sejahtera bagi rakyatnya dan tercapai persatuan dan kesatuan sesama bangsa,” harapnya. (HSY)

BACA YUK:  Lebih Lengkap, Hello Bloom Cirebon Terima Jasa Pembuatan Paper Flower Board, Bouquet Hingga Acrilic Board

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *