Makin Banyak Orang Baik Mengikuti Aksi Nasi Sedekah Jumat

Cirebon,- Semakin banyak orang baik di Cirebon yang melakukan aksi ‘Nasi Sedekah Jumat’. Kegiatan berbagi nasi kotak di setiap hari Jumat ini, salah satunya rutin diadakan oleh Katering Ayam Geprek Mba Nyis, yang berlokasi di Jalan Pangeran Drajat Gang 2 Rt 01 Rw 01 Kota Cirebon.

“Alhamdulillah, betul memang setiap Jumat kami rutinkan untuk membuka nasi sedekah Jumat, dengan donatur biasanya dari para pelaku usaha, sampai mahasiswa dan ibu rumah tangga,” ungkap owner Ayam Geprek Mba Nyis, Nur Anisa kepada About Cirebon, Jumat (25/6/2021).

Paket yang disediakan yakni nasi kotak dengan harga mulai dari Rp10 ribu, Rp13 ribu, sampai Rp15 ribu. Untuk isinya sendiri yakni berupa nasi, ayam geprek, sambal, tempe, tahu, dan timun.

BACA YUK:  Abbott-Kemendikbudristek Bermitra untuk Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengukuran Tumbuh-Kembang Anak demi Turunkan Stunting

“Biasanya kami bagikan Nasi Sedekah Jumat ini ke yang berhak mendapatkan sedekah seperti janda-janda tua, anak-anak yatim, tukang becak di jalanan, dan lainnya,” tambahnya.

Menurut wanita yang akrab disapa Nyinyis ini mengungkapkan, sedekah Jumat itu merupakan sesuatu yang sangat penting, dan tentunya mempunyai nilai plus tersendiri. Dia juga mengungkapkan beberapa hadist pun banyak yang menguraikan tentang sedekah salah satunya yaitu: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Apalagi, lanjut Nyinyis, sedekah di hari yang paling baik yaitu yaumil jumuah atau hari Jumat, yakni doa pun cepat dikabulkan. Karena itu, ada hadist dari Jabir bin Abdillah, dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Hari Jum’at adalah dua belas jam. Di dalamnya terdapat satu waktu di mana tidaklah seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah ia pada saat-saat terakhir setelah shalat Ashar.” (HR. An-Nasa’I nomor 1388).

BACA YUK:  Cirebon Ngobeng Yuh, Hari Jadi Cirebon ke-653 Ada Berbagai Kegiatan Mulai 15 - 31 Juli 2022

“Masyaa Allah, bagi saya sedekah itu sangat luar biasa baiknya untuk kita yang bersedekah maupun yang menerima sedekah tersebut,” ucapnya.

Dia mengaku, Nasi Sedekah Jumat ini baru berjalan sekitar 1 tahun, dengan respon yang sangat baik. Bahkan Nyinyis sendiri mengaku pernah mendapatkan orderan terbanyak rata-rata sampai 100 porsi nasi kotak.

“Alhamdulillah, selain saya, katering lainnya juga banyak yang menerapkan Nasi Sedekah Jumat. Itu menandakan bahwa banyak orang yang semakin memahami tentang keutamaan sedekah. Semoga semakin banyak lagi donatur-donatur berhati mulia lainnya yang mau berbagi,” pungkasnya. (AC560)

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Optimis Bisa Bersinergi dan Bahu-Membahu dengan Ketua DPRD yang Baru
(Dilihat: 47 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.