Mahasiswa KKN-T IPB University 2022 Adakan Sosialisasi Pembuatan Tepung Mocaf Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Singkong di Desa Munjul

Cirebon,- Tepung Mocaf (modified cassava flour) merupakan produk tepung yang terbuat dari singkong termodifikasi melalui proses fermentasi, dengan karakter yang hampir mirip dengan tepung terigu sehingga dapat dijadikan substitusi penggunaan terigu di berbagai olahan makanan.

Sebagai upaya pengembangan potensi hasil pertanian singkong di Desa Munjul serta mendukung diversifikasi konsumsi pangan, mahasiswa KKN-Tematik IPB University 2022 mengadakan program kerja “Mocaf on Munjul” berupa sosialisasi pembuatan tepung mocaf untuk ibu-ibu di Desa Munjul.

Kegiatan Mocaf on Munjul dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022 di Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Kegiatan diawali dengan sosialisasi dan sharing informasi mengenai tepung mocaf beserta keunggulannya, langkah pembuatan, produk olahan berbahan tepung mocaf, hingga cara pemasaran produk. Peserta juga dibagikan media edukasi berupa leaflet berisi langkah pembuatan dan resep produk olahan tepung mocaf agar dapat memahami penjelasan dengan lebih baik. Acara selanjutnya, peserta dipersilakan untuk langsung mempraktikkan pembuatan tepung mocaf (mengupas, memotong, menggiling, dan mengayak) dengan alat dan bahan yang sudah disediakan. Setelah melakukan praktik langsung, diadakan kuis berhadiah untuk menguji wawasan peserta mengenai tepung mocaf. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembagian starter mocaf untuk memudahkan peserta saat membuat tepung mocaf di rumah masing-masing.

BACA YUK:  Wah Seru Nih, Tiga Delapan Gelato and Coffee Hadir dengan Konsep Backyard

Sosialisasi pembuatan tepung mocaf ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Desa Munjul, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Binangkit, Ketua Kader Posyandu Desa Munjul, anggota KWT, serta ibu-ibu di Desa Munjul. Program kerja Mocaf On Munjul ini disambut baik oleh para peserta, dimana tepung mocaf berencana akan dikembangkan lebih lanjut menjadi produk olahan KWT dan akan dibawa ke lomba pangan olahan non-terigu di kecamatan oleh Ketua TP PKK dan Ketua Kader.

“Pembuatan tepung mocaf adalah salah satu upaya ‘Singkong Naik Kelas’ yang memiliki potensi dikembangkan lebih lanjut untuk produk-produk olahan khas Desa Munjul” ujar Eti Rohaeti selaku Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Binangkit.

BACA YUK:  Saat ini Kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal Pada Anak di RSD Gunung Jati Tidak Ada

Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta kompetensi ibu-ibu Desa Munjul dalam mengolah singkong menjadi tepung Mocaf dan mengembangkannya lebih lanjut menjadi produk-produk bernilai tambah sehingga dapat meningkatkan pendapatan sehari-hari juga mengoptimalkan pemanfaatan hasil pertanian singkong Desa Munjul. (Penulis: Rania Rosa K)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *