Jumat, 30 Oktober 2020

Lukisan Mural Mempercantik Wajah Baru Taman Krucuk Cirebon

Populer

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Mulai Besok Pembatasan Aktivitas Masyarakat di Kota Cirebon Dicabut

Cirebon,- Pembatasan aktivitas masyarakat di Kota Cirebon rencananya akan berlangsung sampai 31 Oktober 2020. Namun, Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Wali Kota Cirebon Berikan Rekomendasi Pembukaan Bioskop di Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis telah memberikan surat rekomendasi terkait pembukaan bioskop di Kota Cirebon. Penyerahan tersebut diberikan...

Cirebon,- Kegiatan Creaticity yang digagas oleh Ikatan Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) Daerah Jawa Barat hadir di Kota Cirebon. Kehadiran mereka untuk mempercantik Taman Krucuk Kota Cirebon dengan gambar-gambar mural.

Dalam kegiatan tersebut, Alumni ITB Daerah Jawa Barat melibatkan komunitas Mural Bandung, Komunitas Musim Mengaji, dan komunitas-komunitas lainnya.

Kota Cirebon merupakan kota kedua dari roadshow lima kota di Jawa Barat. Sebelumnya Creaticity hadir di Sukabumi, Cirebon, selanjutnya akan ada di Kota Kuningan, Bogor, dan Garut.

Loading...
BACA YUK:  Viral Video Pemulasaran Jenazah Covid-19, Ini Penjelasan Kadinkes Kabupaten Cirebon

Alga Indria, selaku Ketua Pelaksana Creaticity mengatakan kegiatan ini sebenarnya melibatkan masyarakat dan komunitas di daerah. Seperti di Sukabumi melibatkan 250 orang dan menghadirkan pagelaran musik dan segala macam.

“Karena adanya pandemi ini, kami terpaksa harus menyelesaikan kegiatan ini dengan seperti ini. Kita hanya membawa tim kecil dari Bandung, tidak melibatkan komunitas dan melibatkan massa,” ujarnya Alga saat ditemui About Cirebon, Jumat (18/9/2020) sore.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Kota Cirebon, mulai dari 16-18 September 2020 ini, bertujuan untuk mengaktivasi kegiatan kreatif. Karena, menurut Alga, Alumni ITB Jawa Barat merasa singkron dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ini semacam inisiasi untuk aktivitas kreatif, agar ketika ada kreatif center di Kota Cirebon, aktivitas kreatifnya bisa berjalan,” tambahnya.

Tema Mural yang dihadirkan di Taman Krucuk, Alga memaparkan karena Taman Krucuk kalau dilihat taman untuk aktivitas pertunjukan dan sangat cocok untuk tempat pagelaran kesenian atau lainnya.

“Karena tempat ini memang tempat aktivitas kesenian, akhirnya kita angkat gambar-gambar yang bercerita tentang Cirebon,” bebernya.

Seperti di trap tangga yang ada di Taman Krucuk ini digambar topeng Tumenggung yang bersimbol tentang wisdom. Jika kita ingin menguatkan budaya, menurut Algi, wisdom itu hal sangat krusial yang melandasi aktivitas-aktivitasnya.

BACA YUK:  ⁣Sejumlah Elemen Masyarakat Kabupaten Cirebon Gelar Deklarasi ⁣Tolak Anarkisme⁣

Tidak hanya di trap tangga, pilar-pilar yang ada di Taman Krucuk tersebut diberikan nuansa baru dengan warna-warna cerah, dengan harapan kotanya lebih ceria.

“Untuk tembok benteng yang membatasi dengan taman Rusa Gedung Negara diberi tulisan Taman Krucuk yang setiap font nya mengangkat tentang Cirebon, seperti kuliner dan lima topeng kita tampilkan, serta ada gambar gapura khas Cirebon,” bebernya.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon: Kami Belum Mengambil Keputusan Penerapan Jam Malam

“Jadi di Taman ini kita angkat segala sesuatu tentang Cirebon,” imbuhnya.

Untuk mengaktivasi kegiatan kreatifitas di Jawa Barat, kata Alga, sangat penting agar atmosfir kreatifnya menular ke banyak pihak.

“Seluruh masyarakat Jawa Barat kreatif dan ini bisa menjadi bahan bakar yang bagus untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Libur Panjang, Okupansi Hotel di Kota Cirebon Naik Signifikan

Cirebon,- Libur panjang bersamaan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020, hunian kamar atau okupansi hotel di Kota Cirebon...

Oktober 2020, Satgas Waspada Investasi Blokir 206 Fintech Lending Ilegal dan 154 Entitas Tanpa Izin

Jakarta,- Satgas Waspada Investasi (SWI) terus meningkatkan upaya penindakan fintech peer to peer lending ilegal serta penawaran investasi dari entitas yang tidak berizin melalui...

1 November 2020, Daop 3 Cirebon Operasikan KA Argo Cheribon

Cirebon,- Untuk memenuhi permintaan pelanggan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon akan mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon pada tanggal...

Mandiri Syariah Selenggarakan Program Ketahanan Pangan di Lingkungan Pesantren

Cirebon,- Mengimplementasikan Program Pemberdayaan Pondok Pesantren sebagai Ekosistem Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Region IV Bandung dan...

More Articles Like This