Selasa, 30 November 2021

Lukisan Mural Mempercantik Wajah Baru Taman Krucuk Cirebon

Populer

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Open Bidding di Pemkab Cirebon Minta Pendampingan KPK RI

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta para pejabat Eselon II yang ikut tes seleksi open bidding mampu membuat inovasi untuk kemajuan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Cirebon,- Kegiatan Creaticity yang digagas oleh Ikatan Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) Daerah Jawa Barat hadir di Kota Cirebon. Kehadiran mereka untuk mempercantik Taman Krucuk Kota Cirebon dengan gambar-gambar mural.

Dalam kegiatan tersebut, Alumni ITB Daerah Jawa Barat melibatkan komunitas Mural Bandung, Komunitas Musim Mengaji, dan komunitas-komunitas lainnya.

Kota Cirebon merupakan kota kedua dari roadshow lima kota di Jawa Barat. Sebelumnya Creaticity hadir di Sukabumi, Cirebon, selanjutnya akan ada di Kota Kuningan, Bogor, dan Garut.

Loading...

Alga Indria, selaku Ketua Pelaksana Creaticity mengatakan kegiatan ini sebenarnya melibatkan masyarakat dan komunitas di daerah. Seperti di Sukabumi melibatkan 250 orang dan menghadirkan pagelaran musik dan segala macam.

BACA YUK:  BPS Kota Cirebon : Seragam Anak Sekolah Sumbang Inflasi di Oktober 2021

“Karena adanya pandemi ini, kami terpaksa harus menyelesaikan kegiatan ini dengan seperti ini. Kita hanya membawa tim kecil dari Bandung, tidak melibatkan komunitas dan melibatkan massa,” ujarnya Alga saat ditemui About Cirebon, Jumat (18/9/2020) sore.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Kota Cirebon, mulai dari 16-18 September 2020 ini, bertujuan untuk mengaktivasi kegiatan kreatif. Karena, menurut Alga, Alumni ITB Jawa Barat merasa singkron dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ini semacam inisiasi untuk aktivitas kreatif, agar ketika ada kreatif center di Kota Cirebon, aktivitas kreatifnya bisa berjalan,” tambahnya.

Tema Mural yang dihadirkan di Taman Krucuk, Alga memaparkan karena Taman Krucuk kalau dilihat taman untuk aktivitas pertunjukan dan sangat cocok untuk tempat pagelaran kesenian atau lainnya.

“Karena tempat ini memang tempat aktivitas kesenian, akhirnya kita angkat gambar-gambar yang bercerita tentang Cirebon,” bebernya.

Seperti di trap tangga yang ada di Taman Krucuk ini digambar topeng Tumenggung yang bersimbol tentang wisdom. Jika kita ingin menguatkan budaya, menurut Algi, wisdom itu hal sangat krusial yang melandasi aktivitas-aktivitasnya.

BACA YUK:  Aspedi Ciayumajakuning Resmi Dikukuhkan di Keraton Kacirebonan

Tidak hanya di trap tangga, pilar-pilar yang ada di Taman Krucuk tersebut diberikan nuansa baru dengan warna-warna cerah, dengan harapan kotanya lebih ceria.

“Untuk tembok benteng yang membatasi dengan taman Rusa Gedung Negara diberi tulisan Taman Krucuk yang setiap font nya mengangkat tentang Cirebon, seperti kuliner dan lima topeng kita tampilkan, serta ada gambar gapura khas Cirebon,” bebernya.

“Jadi di Taman ini kita angkat segala sesuatu tentang Cirebon,” imbuhnya.

Untuk mengaktivasi kegiatan kreatifitas di Jawa Barat, kata Alga, sangat penting agar atmosfir kreatifnya menular ke banyak pihak.

“Seluruh masyarakat Jawa Barat kreatif dan ini bisa menjadi bahan bakar yang bagus untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kenaikan Harga Minyak Goreng Harus Diredam

Jakarta,- Gejolak kenaikan harga minyak goreng hingga akhir tahun diprediksi masih terus merangkak naik. Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik...

Ratusan ASN di Kota Cirebon Dapat Anugerah Satyalancana Karya Satya

Cirebon,- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberikan anugerah kepada 218 Aparatur Sipil Negara (ASN). Anugerah...

Tingkatkan Pengalaman Nonton, Telkomsel Jalin Kolaborasi dengan Catchplay+

Jakarta,- Telkomsel berkolaborasi bersama Catchplay+ untuk meningkatkan pengalaman menonton bagi masyarakat dengan membuka akses lebih luas dalam menikmati hiburan digital berkualitas kelas dunia yang...

Jalin Kemitraan, RS Sumber Kasih Cirebon Gelar Kompetisi Futsal

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon menggelar Futsal Competition bersama mitra kerja. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 27 -28 November 2021 di Lapangan...

More Articles Like This