Lomba Pramuka Penggalang, Bentuk Kualitas Pramuka yang Mandiri dan Berkreativitas

Cirebon,- Kegiatan Lomba Pramuka Penggalang Mandiri di SMA-SMK Mandiri Cirebon, Sabtu (14/4/2018) berlangsung seru. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panitia Gugus 19071-19072 Kabupaten Cirebon, yang diikuti oleh 25 regu dari 12 sekolah se-wilayah III Cirebon.

Penanggung jawab kegiatan Pramuka, Khozim Fikri menyampaikam bahwa secara konsisten kegiatan lomba pramuka ini diadakan, tujuannya yaitu untuk melatih pengalaman anggotanya, dan juga menumbuhkan kecintaan pramuka terhadap generasi masa kini.

“Melalui kegiatan ini, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Diantara yaitu untuk panitia menciptakan kegiatan penuh kreativitas kepramukaan, memanage diri, dan lainnya. Sedangkan untuk para peserta yang mengikuti lomba, kegiatan ini sebagai pengembangan kepribadian dan keterampilan,” ujar Khozim kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Komisi I DPRD Kota Cirebon Minta Dishub Masifkan Sosialisasi 'Tanpa Karcis, Parkir Gratis'

Pesertanya tersebar se-Wilayah III Cirebon, dan terdapat 4 mata lomba yaitu Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), Lomba Pionering atau sambung menyambung tongkat, Lomba Semaphore, dan Olimpiade Kepramukaan.

Dari masing-masing perlombaan akan dipilih pemenang. Dengan total keseluruhan terdapat 24 pemenang, 2 juara umum Putera-Puteri, dan juara pimpinan regu.

“Saya berharap kedepannya dari tahun ke tahun lomba pramuka bisa berkelanjutan dan akan semakin banyak siswa yang menyukai kegiatan pramuka,” tambahnya

Kepala SMK Mandiri Cirebon, Sudarli mengaku bangga dan senang dengan rutin diadakannya perlombaan pramuka di sekolahnya. Dia juga menilai, melalui perlombaan ini, anak-anak SMP bisa menemukan karakter diri mereka dan lebih mencintai alam dan lingkungan.

BACA YUK:  Milad 29 Tahun, Atasi Bencana Perkotaan Dompet Dhuafa Jalin Kerjasama BNPB

“Sejak tahun 2001 kegiatan pramuka rutin diadakan sampai 2018 ini. Meski sempat di awal-awal kami tidak menyelenggarakan pramuka selama 1 tahun, tapi akhirnya dirutinkan,” jelasnya.

Dia juga mengaku bahwa SMA-SMK Mandiri Cirebon selalu konsen terhadap kualitas kegiatan kepramukaan. Dan pihaknya pun berharap SMA-SMK Mandiri sebagai wadah berkreativitas pramuka bagi siswa SMP se-wilayah III Cirebon. (AC560).

(Dilihat: 110 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.