Kamis, 21 Oktober 2021

Lomba Guru PKn, Anggota DPR RI Ingin Bangkitkan Inovasi bagi Tenaga Pendidik

Populer

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Rampung 100%, Siap Dioperasikan

Majalengka,- Pembangunan jalan tol akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah rampung. Akses ini terhubung langsung dengan jalan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Unjuk Rasa di Jalan Siliwangi, Walikota Cirebon Ajak Audensi

Cirebon,- Dua kelompok organisasi masyarakat/LSM melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Kamis (14/10/2021). Dua kelompok tersebut...

104 Pejabat di Lingkungan Kabupaten Cirebon Dilantik

Cirebon,- Sebanyak 104 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon di rotasi dan mutasi. Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Bupati...

Cirebon,- Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Hj. Selly Andriany Gantina menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tingkat SMP. Simbolis penyerahan hadiah berlangsung di Kopi Poelen, Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kabupaten Cirebon, Senin (30/8/2021).

Dengan mengusung tema “Inovasi Pembelajaran di Tengah Pandemi”, lomba Guru PKN tingkat SMP bertujuan untuk membangkitkan nilai motivasi dan kompetensi untuk tenaga pendidik guru PKn.

“Lomba guru PKn ini bertujuan untuk membangkitkan nilai motivasi dan kompetensi tenaga pendidik dan pengajar guru PKn. Dengan kegiatan ini berharap guru yang ada di Kabupaten Cirebon bertambah dengan adanya kompetisi ini,” ujar Selly kepada awak media, Senin (30/8/2021).

Loading...

Menurut Selly, kompetisi ini bukan tidak direncanakan dengan matang, namun sudah direncanakan jauh-jauh hari. Karena, dengan adanya Covid-19 dunia pendidikan salah satu yang sangat terdampak.

“Pandemi Covid-19, dunia pendidikan salah satu yang sangat terdampak. Apalagi dengan pada siswa dan orang tua murid yang merasa terbebani dengan penggunaan teknologi,” ungkapnya.

BACA YUK:  Serap Aspirasi Masyarakat, Ketua DPRD Kota Cirebon Lakukan Reses Door to Door

“Dimana, teknologi tersebut juga hampir dirasakan tidak merata secara kemampuan personal dari SDM orang tua maupun anak-anak,” tambahnya.

Menurut Selly, jaringan yang ada di daerah pun sangat terbatas, dan ini menjadikan semacam pembelajaran buat kita semua bahwa, dibutuhkan inovasi dari segi kurikulum atau tenaga pendidikan yang memang membangkitkan semangat anak didik agar bisa tetap belajar dengan sangat baik.

“Kenapa diambil guru PKn, karena memang kita mengambil tema ini sesuai dari empat pilar kebangsaan. Kita berharap anak-anak generasi yang akan datang bisa tetap memunculkan jiwa nasionalisme dan semangat kebersamaan gotong royong berdemokrasi di era digitalisasi,” katanya.

Di era digitalisasi ini, kata Selly, membuat saringan informasi yang sangat global ini tidak bisa begitu saja kita ragukan. Karena, menurutnya banyak anak-anak yang terdampak akibat teknologi.

BACA YUK:  Pemerintah Bolehkan WNA Masuk ke Indonesia, Tapi Syarat Pakai Visa Ini

“Dengan kompetisi ini, guru-guru bisa memahami bahwa teknologi tidak bisa ditinggalkan. Teknologi tetap menjadi bagian dari peningkatan tenaga pendidikan yang akan datang, Karena kita sudah masuk ke abad 21,” jelasnya.

Setelah kompetisi ini, Selly berharap, guru-guru bisa mengaplikasikan dan pihaknya akan menghibahkan hasil dari kompetisi ini kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon untuk bisa disebarkan kepada guru-guru yang lainnya.

“Saya tidak menganggap yang tidak ikut kompetisi ini tidak bisa. Mungkin karena keterbatasan waktu, keterbatasan perangkatnya. Sehingga, kita menyebarkan hasil kompetisi ini dan bisa menjadi pematik bagi guru yang ada di wilayah Cirebon atau Ciayumajakuning dengan video dari hasil kompetisi ini,” jelasnya.

“Mudah-mudahan video ini bisa menjadi contoh buat guru-guru yang lain. Jadi bertukar ide dan gagasan dari kompetisi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Denny Supdiana menambahkan dengan adanya kompetisi ini sangat baik sekali untuk Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini juga untuk memberikan spirit para guru, khususnya guru PKn.

“Ini adalah spirit untuk berinovasi, harus tetap berinovasi walaupun dalam suasana covid. Kita harus tetap berkarya, bagaimanapun juga guru punya tanggung jawab moral,” ujar Denny.

Denny berharap, hasil dari kompetisi ini bisa diterapkan di Kabupaten Cirebon yang berbasis teknologi. Karena menurut Denny, kita sudah harus dengan berbasis teknologi.

BACA YUK:  Tingkatkan Moderasi Beragama, Puslitbang Bimas Agama Kementerian Agama RI Gelar Halaqah Nasional di Cirebon

“Karena di setiap sekolah sudah mengembangkan pendidikan berbasis teknologi. Terutama aplikasi-aplikasi tentang pengelolaan pendidikan di Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sabut Kelapa, Sumber Energi Terbarukan Pengganti Batu Bara

Cadangan bahan baku penghasil energi yang berasal dari fosil seperti batu bara terus menipis. Di sisi lain, kebutuhan masyarakat...

Aliansi Mahasiswa UGJ Gelar Unjuk Rasa di Jalan Bypass Kota Cirebon

Cirebon,- Aliansi Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jari (UGJ) menggelar unjuk rasa di Perempatan Lampu Merah Pemuda, Jalan Bypass, Kota Cirebon, Rabu (20/10/2021). Aksi tersebut...

Mengenang Para Pahlawan, HUT Partai Golkar ke-57 Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

Cirebon,- DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Cirebon menggelar acara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesenden, Kota Cirebon, Rabu (20/10/2021). Acara...

Akselerasi Implementasi Kampus Merdeka, Tim Program Matching Fund UGJ Gelar Workshop

Cirebon,- Tim Program Matching Fund Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar kegiatan Workshop Teaching Factory Digital Marketing dan Marketplace Digital Marketing. Kegiatan tersebut...

More Articles Like This