Limbah Kertas Bisa Jadi Karya yang Bernilai Ekonomis, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bagi sebagian orang, kertas bekas mungkin sudah tidak bisa digunakan, namun di tangan Danni Roza atau yang biasa disapa Yos Suhardi, kertas bekas ini bisa menghasilkan karya yang memiliki nilai ekonomis.

Limbah kertas yang dimanfaatkan oleh Yos tersebut bisa menghasilkan karya patung dengan berbagai karakter.

Menurut Yos, kerajinan patung karakter dari limbah kertas, dirinya mencoba memanfaatkan untuk dibuat patung-patung karakter.

“Pembuatannya sangat mudah dan alat-latnya gampang dicari, seperti bahan kawat bonsai, kertas bekas, solatip kertas, dan cat,” ujarnya kepada About Cirebon saat ditemui di Sanggar Sinau Art, Komplek Permata Harjamukit, Blok A4 No 12, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (21/2/2019).

BACA YUK:  Siapa yang Mau, Sate Kejantanan Asli Babakan Gebang Kini Hadir di Kota Cirebon

1. Cara Pembuatan Patung Kertas

Yos menjelaskan, cara pembuatan patung karakter kertas ini awalnya membuat kerangka terlebih dahulu menggunakan kawat bonsai. Setelah jadi kerangka, lalu digulung menggunakan limbah kertas bekas.

“Untuk membuat bentuknya, kita gunakan solatip kertas dan setelah itu baru dicat menggunakan warna dasar putih,” bebernya.

Lanjut Yos, pengecetan warna putih tersebut agar warna yang nanti dihasilkan akan keluar dan fungsinya untuk menutup pori-pori kertas agar meresap.

“Setelah dicat warna putih, baru patung karakter kertas tersebut dicat berwana sesuai karakternya,” terang Yos.

2. Sehari Dua Karakter

Dalam produksi pembuatan patung karakter, menurut Yos, dirinya bisa membuat dua patung karakter dalam satu hari.

BACA YUK:  Akhir-akhir Ini Cuaca Panas dan Terasa Gerah pada Malam Hari, ini Penyebabnya

Patung-patung yang biasa dibuat Yos, kebanyakan patung jenis karakter seperti patung karekter pemburu, penari sintren, barista kopi, tari topeng, wanita bali, hingga karakter di film-film kartun.

“Sehari kalo fokus buat patung kertas bisa dapat dua, setengah hari buat kerangka, setengah hari lagi pembentukan karakter hingga pengecetan,” bebernya.

3. Hingga Luar Negeri

Tidak disangka, yang sebelumnya Yos membuat patung menggunakan bahan baku tanah liat selama dua tahun, kini baru tiga bulan menggeluti patung karakter dari kertas sudah terjual hingga keluar negeri.

BACA YUK:  Menjalani Bulan yang Baik dengan Manfaat yang Baik: AIA Wakaf Assurance, Asuransi Berbasis Syariah Pertama dengan Fitur Wakaf di Aplikasi Gojek Diluncurkan

Menurut Yos, awalnya hanya upload di media sosial dan memberi tahu kalau membuat patung yang terbuat dari limbah kertas.

“Patung karater kertas ini sudah dikirim ke India sama Malaysia. Kalau di Indonesia sudah ke Pekanbaru,” kata Yos.

4. Harga Tergantung Karakter

Untuk harga patung karakter limbah kertas tersebut, Yos membandrol mulai dari harga Rp. 150 ribu.

“Untuk harga tergantung tingkat kesulitas dan bentuk karakter yang dibuat, kalo yang biasa mulai dari Rp. 150 ribu,” ungkap Yos.

“Untuk karakternya kita bisa terima sesuai permintaan, seperti dari komunitas pemburu, kita bisa buat karakter penembak,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 44 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.