Libur Sekolah, Pengunjung Pelajar Keraton Kasepuhan Melonjak Pesat

Beberapa hari memasuki masa liburan sekolah, Keraton Kasepuhan Cirebon diserbu ribuan pengunjung. Tidak seperti biasanya, masa liburan pengunjung melonjak dengan pesat. Tak pandang bulu, seluruh kalangan memadati tiap ruang Keraton kasepuhan Cirebon, hingga para pelajar.

Suasana itu disampaikan Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan XIV, PRA Arief Natadiningrat pada CITO. Ia menyampaikan, liburan sekolah kali ini pengunjung Keraton Kasepuhan melonjak. Bahkan pengunjung dari para pelajar melonjak dari rata-rata 100-300 pelajar perhari, kini melonjak hingga 500 – 1000 pelajar perhari.

BACA YUK:  Rayakan HUT RI, Goa Sunyaragi Gelar Lomba 17 Agustusan Libatkan Pengunjung

Sultan menambahkan, berdasarkan perhatiannya, para pelajar tertarik saat melihat kereta singa barong. Kalau di Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo keretanya berasal dari Eropa, tapi Keraton Kasepuhan keretanya dibuat dari daerah Panembahan Losari Kabupaten Cirebon dan tukang kayunya dari Kali Wulu Ki Nata Guna.

Bentuk keretanya yang unik menggambarkan tiga mahluk perbangsa yakni Gajah dari Negara India yang didominasi agama Hindu, Naga dari Cina yang didominasi agama Budha, dan Burung/ burok dari Arab yang didominasi Islam.

BACA YUK:  Obyek Wisata Goa Sunyaragi Tetap Buka Saat Hari Raya Iduladha

“Perpaduan suku bangsa dan agama yang bersatu, menandakan hidup harus penuh dengan toleransi,” jelas Sultan. 

Meski demikian, Sultan selalu berupaya memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh pengunjung. Pelayanan tersebut ia target dengan peningkatan kebersihan, ketertiban dan kenyamanan. Sultan yakin kalau sudah lebih bersih, lebih tertib dan lebih nyaman, insyaallah pengunjung akan meningkat. 

“Kalau pengunjung sudah meningkat, kami berharap ekonomi masyarakat, seperti pengrajin, seniman, restoran dan hotel, turut meningkat,” ujar Sultan.

Sumber : CITO

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.