Libur Lebaran 2022, Kunjungan Tempat Wisata dan Hotel di Kota Cirebon Meningkat

Cirebon,- Kebijakan pemerintah yang membolehkan masyarakat menjalani mudik lebaran Idulfitri 2022, berdampak sangat besar terutama untuk sektor pariwisata. Seperti Kota Cirebon, kunjungan ke objek wisata mengalami peningkatan yang signifikan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cirebon mencatat ada sebanyak 20.033 orang yang mengunjungi empat tempat wisata di Kota Cirebon. Empat tempat wisata ini yakni Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, Taman Ade Irma Suryani, dan Pantai Kejawanan.

“Dari tanggal 1 sampai 8 Mei 2022, kami memantau di empat lokasi objek wisata di Kota Cirebon ada sebanyak 20.033 orang yang berkunjung,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, Selasa (10/5/2022).

BACA YUK:  Inilah Fakta Mas Kawin Pernikahan Viral di Cirebon

Puncak kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, kata Agus, terjadi pada tanggal 4 dan 5 Mei 2022. Kemudian untuk jumlah hunian hotel, puncaknya terjadi sejak tanggal 3 – 6 Mei 2022.

“Dari pantauan 60 hotel di Kota Cirebon, hunian hotel atau okupansi tertinggi sebesar 84,97 persen. Peak season nya terjadi pada tanggal 1-5 Mei 2022, pada tanggal 6 – 8 Mei sudah mulai terjadi penurunan,” kata Agus.

Secara umum, kata Agus, kebijakan diperbolehkannya mudik lebaran Idulfitri 2022 sangat membawa dampak positif sektor pariwisata, khususnya di Kota Cirebon.

BACA YUK:  MJ Batique Tampilkan Koleksi Terbaru di En's Wedding Festival 2022

Pihaknya berharap hal ini bisa menjadi sebuah pekerjaan rumah (PR) besar, bagaimana kunjungan wisatawan tidak hanya terjadi pada hari-hari besar, seperti hari raya Idulfitri. Tapi, bisa secara berkelanjutan pada saat weekend bisa menarik wisatawan.

“PR besarnya adalah bagaimana menata kota ini, mulai dari ornamen, kemudian kita juga membuat yang Insyaallah sedang berproses membuat destinasi wisata baru dan juga melakukan berbagai event. Sehingga, bisa menarik wisatawan dari luar kota untuk bisa lama lagi tinggal di Kota Cirebon,” tandasnya. (HSY)

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Kembali Gencarkan Vaksinasi COVID-19 Dosis Ketiga
(Dilihat: 94 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.