Sabtu, 8 Mei 2021

Lestarikan Lingkungan Hidup, Mandiri Syariah Tanam 1000 Pohon di Area Masjid Tol Cipularang

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Purwakarta,- Gerakan konservasi lingkungan menanam bibit pohon terus dilakukan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah).

Penanaman 1000 pohon kali ini dilakukan di area pembangunan masjid Mandiri Syariah di ruas Tol Cipularang (Cikampek – Purwakarta – Padalarang) KM 88A dalam rangka Milad ke-21, Jumat (20/11/2020).

Gerakan ini dalam upaya menjaga ekosistem untuk mewujudkan Sustainability Development Goals 2030 dan merupakan salah satu langkah penting bagi Mandiri Syariah dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan hidup untuk penyelamatan bumi dari ancaman perubahan iklim.

Loading...

Direktur Finance, Strategy and Treasury Mandiri Syariah, Ade Cahyo Nugroho mengatakan penanaman 1000 pohon di area masjid di ruas tol ini bagian dari  implementasi program Sustainable Finance Perusahaan dalam mendukung aktivitas go green untuk menjaga keseimbangan dan melestarikan lingkungan hidup.

“Kami selalu menekankan bahwa dalam bisnis perbankan syariah harus sejalan dengan prinsip keuangan berkelanjutan yang mengutamakan pengembangan manusia, alam, serta keuntungan (people, planet, profit),” ujar Cahyo.

BACA YUK:  Satreskrim Polresta Cirebon Ringkus Pelaku Kejahatan Jalanan

Atas konsistensinya dalam menjaga lingkungan hidup, lanjut Cahyo, sosial dan tata kelola Perusahaan yang baik, Mandiri Syariah memperoleh tiga penghargaan dalam keterbukaan pengungkapan Environment, Social & Governance (ESG) untuk kategori Keterbukaan Environmental Bank BUMN Terbaik, Keterbukaan Governance Bank BUMN Terbaik dan Emiten LQ45-ESG.

Ade Cahyo menjelaskan pembangunan masjid dan penanaman pohon ini menunjukkan adanya keseimbangan bank syariah dalam meraih profit dan memberi manfaat bagi masyarakat.

“Dimana Mandiri Syariah selalu menyisihkan setiap 2,5 persen dari laba bersih untuk zakat yang manfaatnya bisa dirasakan oleh umat. Karena prinsip syariah adalah menjunjung keadilan, seimbang, dan membawa maslahat,” tuturnya.

Pada kuartal III 2020 Mandiri Syariah  mencatat laba sebesar Rp 1,07 triliun. Laba tersebut naik 21,5% year-on-year (yoy) dari Rp 872 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

BACA YUK:  Satreskrim Polresta Cirebon Ringkus Pelaku Kejahatan Jalanan

“Hingga September 2020, Mandiri Syariah telah menyalurkan dana sosial dan zakat, infak, sedekah dan wakaf sebesar lebih dari Rp64 miliar dengan jumlah penerima manfaat sekitar 20 ribu baik lembaga maupun perorangan,” ungkap Cahyo.

Implementasi program kemaslahatan umat diwujudkan dalam program pemberdayaan masyarakat, penyediaan sarana ibadah (masjid dan mobil mushola), program peningkatan pendidikan mahasiswa dan pelajar (Islamic Development Sociopreneur Program dan beasiswa regular), bantuan tanggap bencana, dll.

Direktur Sales and Distribution Mandiri Syariah, Anton Sukarna menambahkan sebelumnya Mandiri Syariah juga membangun masjid di kawasan Rest Area KM 166 Tol Cipali (Cikopo – Palimanan) arah Cirebon, Jawa Barat.

Program pembangunan masjid dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan beribadah masyarakat yang tengah dalam perjalanan. Luas kawasan masjid Mandiri Syariah di KM88A ini sendiri sekitar 2.300m2  dengan area yang akan menjadi zona hijau sekitar 778m2.

Beberapa jenis pohon yang ditanam dalam program ini antara lain Ketapang, Perdu Kalatean, Brekele, Pakis Kelapang, Melati Jepang, Rombusa dan Eliponia.

“Kami optimis program ini bisa memberikan manfaat tidak hanya dalam hal menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup, tetapi juga kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah,” ujar Anton.

Dalam menjalankan bisnis perbankan, kata Anton, Mandiri Syariah terus berkomitmen memberikan kontribusi bagi masyarakat, lingkungan kerja dan lingkungan hidup.

BACA YUK:  Eggroll Mang Wardjan, Kudapan Asli Cirebon yang Pas untuk Hari Raya

Selain itu, Mandiri Syariah juga mengajak serta nasabah untuk turut berkontribusi dalam memberikan nilai tambah kepada umat dan lingkungan melalui program-program zakat, infaq, sedekah dan wakaf melalui lembaga Laznas BSM Umat dan situs JadiBerkah.id. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

Tularkan Semangat Positif dalam Peringatan International Midwife Day⁣ ⁣

Cirebon,- International Midwife Day (IMD) yang diperingati setiap 5 Mei ini menjadi momentum yang bermakna bagi seluruh bidan di dunia. Peringatan ini secara formal...

More Articles Like This