Rabu, 27 Oktober 2021

Lestarikan Budaya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia Kunjungi Keraton Kacirebonan

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Putra-Putri Kebudayaan Jawa Barat 2020 mengunjungi Keraton Kacirebonan yang terletak di Jalan Pulasaren, Kota Cirebon, Sabtu (4/7/2020).

Kedua pasangan Putra-Putri Kebudayaan Indonesia dan Jawa Barat ini diterima langsung oleh Sultan Kacirebonan Abdul Gani Natadiningrat di Ruang Prabayakasa.

Perwakilan Putra Kebudayaan Indonesia 2019 Nurkholis dan Putri Kebudayaan Indonesia 2019 Putri Ajeng Wulan saat ditemui About Cirebon mengatakan beberapa hari ini kita memang datang secara khusus untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata sebagai wujud melestarikan kebudayaan.

Loading...

“Kehadiran kami ke Cirebon ini salah satunya sebagai wujud melestarikan budaya dan ingin menunjukan kalau pariwisata budaya sudah siap di era new normal,” ujar Nurkholis kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Bertabur Promo di Mataram, Untung Wujudkan Impian di FIFGROUP FEST

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Lanjut Nurkholis, kita sebagai generasi mudah harus tetap melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia, termasuk budaya sejarah.

“Dalam beberapa kesempatan kunjungan ke Cirebon, kami juga belajar tarian khas Cirebon, membatik, dan masih banyak lagi hal-hal yang kita lakukan di Cirebon,” timpal Putri.

Menurut Nurkholis, Cirebon merupakan salah pusat kebudayaan yang ada di Jawa Barat, disini sudah kompleks dengan adanya pelaku budaya, pakar budaya, dan masyarakatnya peduli dengan budaya.

“Masyarakat di Cirebon selalu menonjolkan kebudayaan, salah satunya dengan menonjolkan tari-tarian khas dan juga Batik Mega Mendungnya,” kata Nurkholis.

“Dengan bangganya warga Cirebon selalu mengenakan batik Mega mendung,” tambahnya.

Setelah mengunjungi Cirebon, Putri menjelaskan misi kami kedepan yaitu dengan terus melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Karena, kalau bukan kita siapa lagi. Di masa pemulihan pandemi ini, kita harus tetap akan budaya Indonesia,” pungkas Putri.

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Sementara itu, Sultan Kacirebonan, Abdul Gani Natadiningrat merasa senang degan kehadiran perwakilan putra dan putri Kebudayaan Indonesia ke Keraton Kacirebonan untuk mengangkat kelestarian budaya di Cirebon ke kancah nasional.

BACA YUK:  Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2021 di Wilayah BI Cirebon Alami Perbaikan

“Kami berpesan kepada duta budaya Indonesia, bahwa begitu pentingnya nilai-nilai budaya ini diangkat ke kancah nasional agar tetap dilestarikan,” ujarnya.

“Karena, budaya ini juga sebagai akar jati diri bangsa yang harus kita pertahankan,” imbuhnya.

Dengan kehadiran Putra-Putri Kebudayaan Indonesia ini, Sultan berharap, apa yang diharapkan bisa dibawa ke kancah nasional bahkan internasional.

“Kita dukung putera putri kebudayaan dari Jawa Barat ini bisa melestarikan budaya, secara khusus untuk Kacirebonan, dan budaya yang ada di Indonesia secara umum,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia diajak berkeliling untuk melihat benda-benda peninggalan yang ada di Keraton Kacirebonan.

Bahkan, mereka disuguhkan dengan penampilan putra mahkota Kesultanan Kacirebonan dengan bermain gamelan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

UGJ Gelar Wisuda Sarjana dan Magister ke-60 dan 61 Tahun 2021

Cirebon,- Wisuda sarjana dan magister ke-60 dan 61 tahun 2021 Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon diselenggarakan di Hotel...

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

Edi Baredi Terpilih Menjadi Ketua Kadin Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Cirebon menggelar Musyawarah Kabupaten (Mukab) VII tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu hotel Jalan Tuparev,...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun 1999 sampai dengan saat ini....

More Articles Like This