Minggu, 9 Agustus 2020

Lestarikan Budaya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia Kunjungi Keraton Kacirebonan

Populer

Dalam Tiga Hari, Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 8 Orang

Cirebon,- Sejak hari Jumat 31 Juli sampai 2 Agustus 2020, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 8 orang....

Inilah Tambahan 16 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah 16 kasus baru. Penambahan baru tersebut merupakan kasus ke-79 sampai...

Terkait Pengukuhan Polmak Oleh Keturunan Sultan Kasepuhan XI, Putra Mahkota Angkat Bicara

Cirebon,- Keturunan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon XI, Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan dirinya sebagai Polmak atau...

Keturunan Sultan XI Kasepuhan Cirebon, Mengukuhkan Sebagai Polmak

Cirebon,- Keturunan Sultan Sepuh XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan diri sebagai Polmak atau Pejabat Sementara...

Pembukaan Sekolah Tatap Muka Akan Dikaji Pemerintah Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon sedang mengkaji rencana untuk membuka pembelajaran sekolah dengan tatap muka secara langsung.Hal tersebut disampaikan Bupati...

Cirebon,- Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Putra-Putri Kebudayaan Jawa Barat 2020 mengunjungi Keraton Kacirebonan yang terletak di Jalan Pulasaren, Kota Cirebon, Sabtu (4/7/2020).

Kedua pasangan Putra-Putri Kebudayaan Indonesia dan Jawa Barat ini diterima langsung oleh Sultan Kacirebonan Abdul Gani Natadiningrat di Ruang Prabayakasa.

Perwakilan Putra Kebudayaan Indonesia 2019 Nurkholis dan Putri Kebudayaan Indonesia 2019 Putri Ajeng Wulan saat ditemui About Cirebon mengatakan beberapa hari ini kita memang datang secara khusus untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata sebagai wujud melestarikan kebudayaan.

Loading...

“Kehadiran kami ke Cirebon ini salah satunya sebagai wujud melestarikan budaya dan ingin menunjukan kalau pariwisata budaya sudah siap di era new normal,” ujar Nurkholis kepada About Cirebon.

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Lanjut Nurkholis, kita sebagai generasi mudah harus tetap melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia, termasuk budaya sejarah.

“Dalam beberapa kesempatan kunjungan ke Cirebon, kami juga belajar tarian khas Cirebon, membatik, dan masih banyak lagi hal-hal yang kita lakukan di Cirebon,” timpal Putri.

Menurut Nurkholis, Cirebon merupakan salah pusat kebudayaan yang ada di Jawa Barat, disini sudah kompleks dengan adanya pelaku budaya, pakar budaya, dan masyarakatnya peduli dengan budaya.

“Masyarakat di Cirebon selalu menonjolkan kebudayaan, salah satunya dengan menonjolkan tari-tarian khas dan juga Batik Mega Mendungnya,” kata Nurkholis.

“Dengan bangganya warga Cirebon selalu mengenakan batik Mega mendung,” tambahnya.

Setelah mengunjungi Cirebon, Putri menjelaskan misi kami kedepan yaitu dengan terus melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Karena, kalau bukan kita siapa lagi. Di masa pemulihan pandemi ini, kita harus tetap akan budaya Indonesia,” pungkas Putri.

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Sementara itu, Sultan Kacirebonan, Abdul Gani Natadiningrat merasa senang degan kehadiran perwakilan putra dan putri Kebudayaan Indonesia ke Keraton Kacirebonan untuk mengangkat kelestarian budaya di Cirebon ke kancah nasional.

“Kami berpesan kepada duta budaya Indonesia, bahwa begitu pentingnya nilai-nilai budaya ini diangkat ke kancah nasional agar tetap dilestarikan,” ujarnya.

“Karena, budaya ini juga sebagai akar jati diri bangsa yang harus kita pertahankan,” imbuhnya.

Dengan kehadiran Putra-Putri Kebudayaan Indonesia ini, Sultan berharap, apa yang diharapkan bisa dibawa ke kancah nasional bahkan internasional.

“Kita dukung putera putri kebudayaan dari Jawa Barat ini bisa melestarikan budaya, secara khusus untuk Kacirebonan, dan budaya yang ada di Indonesia secara umum,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia diajak berkeliling untuk melihat benda-benda peninggalan yang ada di Keraton Kacirebonan.

Bahkan, mereka disuguhkan dengan penampilan putra mahkota Kesultanan Kacirebonan dengan bermain gamelan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Open House Night di Kota Baru Keandra, Booking Fee Hanya Rp. 174.500,-

Cirebon,- Kota Baru Keandra menggelar acara wawancara massal dan juga open house night yang berlangsung di Kawasan Kota Baru...

Sentosa Live Seafood Market Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Sentosa Live Seafood Market by Kharisma hadir di Kota Cirebon. Restoran Seafood hidup pertama di Kota Cirebon ini merupakan cabang ke-8 di Indonesia.Rencananya,...

Inilah Tambahan 16 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah 16 kasus baru. Penambahan baru tersebut merupakan kasus ke-79 sampai kasus ke-94.Sehingga, dengan adanya penambahan...

Budidaya Ikan Dalam Ember Semakin Diminati di Tengah Pandemi⁣

Cirebon,- Budidaya ikan lele dan ikan patin merupakan salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Bahkan, untuk melakukan budidaya ikan lele tidak...

Mahasiswa KKN UNDIP Kota Cirebon Ajarkan Cara Budi Daya Microgreen⁣

Cirebon,- Mahasiswa KKN UNDIP Kota Cirebon, mengajarkan cara budidaya tanaman microgreen kepada ibu-ibu rumah tangga di daerah Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon dalam bentuk...

More Articles Like This