Minggu, 25 Oktober 2020

Lestarikan Budaya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia Kunjungi Keraton Kacirebonan

Populer

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi...

Inilah 3 Tuntutan Aksi Unjuk Rasa Gerakan Mahasiswa Cirebon di Jalan Nasional

Cirebon,- Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Cirebon (GMC) melakukan aksi unjuk rasa di Simpang 4 Pemuda Bypass...

Kantor BRI Cabang Cirebon Kartini Gelar Undian Panen Hadiah Simpedes Secara Virtual⁣

⁣Cirebon,- Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) periode pertama tahun 2020...

Cirebon,- Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Putra-Putri Kebudayaan Jawa Barat 2020 mengunjungi Keraton Kacirebonan yang terletak di Jalan Pulasaren, Kota Cirebon, Sabtu (4/7/2020).

Kedua pasangan Putra-Putri Kebudayaan Indonesia dan Jawa Barat ini diterima langsung oleh Sultan Kacirebonan Abdul Gani Natadiningrat di Ruang Prabayakasa.

Perwakilan Putra Kebudayaan Indonesia 2019 Nurkholis dan Putri Kebudayaan Indonesia 2019 Putri Ajeng Wulan saat ditemui About Cirebon mengatakan beberapa hari ini kita memang datang secara khusus untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata sebagai wujud melestarikan kebudayaan.

Loading...

“Kehadiran kami ke Cirebon ini salah satunya sebagai wujud melestarikan budaya dan ingin menunjukan kalau pariwisata budaya sudah siap di era new normal,” ujar Nurkholis kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Gunakan Teknologi eFishery, Petani Ikan di Cirebon Diuntungkan

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Lanjut Nurkholis, kita sebagai generasi mudah harus tetap melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia, termasuk budaya sejarah.

“Dalam beberapa kesempatan kunjungan ke Cirebon, kami juga belajar tarian khas Cirebon, membatik, dan masih banyak lagi hal-hal yang kita lakukan di Cirebon,” timpal Putri.

Menurut Nurkholis, Cirebon merupakan salah pusat kebudayaan yang ada di Jawa Barat, disini sudah kompleks dengan adanya pelaku budaya, pakar budaya, dan masyarakatnya peduli dengan budaya.

“Masyarakat di Cirebon selalu menonjolkan kebudayaan, salah satunya dengan menonjolkan tari-tarian khas dan juga Batik Mega Mendungnya,” kata Nurkholis.

“Dengan bangganya warga Cirebon selalu mengenakan batik Mega mendung,” tambahnya.

Setelah mengunjungi Cirebon, Putri menjelaskan misi kami kedepan yaitu dengan terus melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Karena, kalau bukan kita siapa lagi. Di masa pemulihan pandemi ini, kita harus tetap akan budaya Indonesia,” pungkas Putri.

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Sementara itu, Sultan Kacirebonan, Abdul Gani Natadiningrat merasa senang degan kehadiran perwakilan putra dan putri Kebudayaan Indonesia ke Keraton Kacirebonan untuk mengangkat kelestarian budaya di Cirebon ke kancah nasional.

BACA YUK:  Ini Ruas Jalan yang akan Dilakukan Pengalihan Arus di Kota Cirebon

“Kami berpesan kepada duta budaya Indonesia, bahwa begitu pentingnya nilai-nilai budaya ini diangkat ke kancah nasional agar tetap dilestarikan,” ujarnya.

“Karena, budaya ini juga sebagai akar jati diri bangsa yang harus kita pertahankan,” imbuhnya.

Dengan kehadiran Putra-Putri Kebudayaan Indonesia ini, Sultan berharap, apa yang diharapkan bisa dibawa ke kancah nasional bahkan internasional.

“Kita dukung putera putri kebudayaan dari Jawa Barat ini bisa melestarikan budaya, secara khusus untuk Kacirebonan, dan budaya yang ada di Indonesia secara umum,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia diajak berkeliling untuk melihat benda-benda peninggalan yang ada di Keraton Kacirebonan.

Bahkan, mereka disuguhkan dengan penampilan putra mahkota Kesultanan Kacirebonan dengan bermain gamelan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Daop 3 Cirebon Mencatat Kenaikan Penumpang Sebesar 3 Persen di Bulan Oktober

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon mencatat ada kenaikan volume penumpang sebesar 3 persen pada bulan Oktober 2020. Manager Humas...

Libur Panjang Maulid Nabi, 53 Perjalanan KA Jarak Jauh Melintas di Daop 3 Cirebon

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan sebanyak 53 perjalanan kereta api jarak jauh pada libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pekan...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Menurut Imron, untuk...

More Articles Like This