Minggu, 17 Januari 2021

Lestarikan Budaya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia Kunjungi Keraton Kacirebonan

Populer

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Beli Saporete Coffee, 10% Keuntungannya Untuk Membantu Anak Yatim⁣

Cirebon - Anda penikmat kopi? Bisa cicipi Saporete Coffee yang hadir dalam berbagai varian rasa. Membeli kopi berarti anda...

Paddi Cafe & Bistro, Tempat Ngopi Modern dengan Suasana Pinggir Sawah

⁣ Cirebon,- Mengusung konsep modern minimalis, Paddi Cafe & Bistro hadir meramaikan wisata kuliner di Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan,...

Inilah Tempat Wisata Kuliner di Talun Kabupaten Cirebon dengan Suasana Persawahan ⁣

Cirebon,- Kawasan Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan dan desa Sarwadadi Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon kini sudah menjadi tempat tujuan...

Bartemu Padukan Konsep Coffee Shop dan Barbershop ⁣

Cirebon,- Bartemu Coffee & Barber yang berada di Jalan Slamet Riyadi (Krucuk), Kota Cirebon mengusung konsep life style. Di...

Cirebon,- Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Putra-Putri Kebudayaan Jawa Barat 2020 mengunjungi Keraton Kacirebonan yang terletak di Jalan Pulasaren, Kota Cirebon, Sabtu (4/7/2020).

Kedua pasangan Putra-Putri Kebudayaan Indonesia dan Jawa Barat ini diterima langsung oleh Sultan Kacirebonan Abdul Gani Natadiningrat di Ruang Prabayakasa.

Perwakilan Putra Kebudayaan Indonesia 2019 Nurkholis dan Putri Kebudayaan Indonesia 2019 Putri Ajeng Wulan saat ditemui About Cirebon mengatakan beberapa hari ini kita memang datang secara khusus untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata sebagai wujud melestarikan kebudayaan.

Loading...

“Kehadiran kami ke Cirebon ini salah satunya sebagai wujud melestarikan budaya dan ingin menunjukan kalau pariwisata budaya sudah siap di era new normal,” ujar Nurkholis kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Hujan Lebat, Banyak Genangan di Sejumlah Jalan di Kota Cirebon ⁣

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Lanjut Nurkholis, kita sebagai generasi mudah harus tetap melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia, termasuk budaya sejarah.

“Dalam beberapa kesempatan kunjungan ke Cirebon, kami juga belajar tarian khas Cirebon, membatik, dan masih banyak lagi hal-hal yang kita lakukan di Cirebon,” timpal Putri.

Menurut Nurkholis, Cirebon merupakan salah pusat kebudayaan yang ada di Jawa Barat, disini sudah kompleks dengan adanya pelaku budaya, pakar budaya, dan masyarakatnya peduli dengan budaya.

“Masyarakat di Cirebon selalu menonjolkan kebudayaan, salah satunya dengan menonjolkan tari-tarian khas dan juga Batik Mega Mendungnya,” kata Nurkholis.

“Dengan bangganya warga Cirebon selalu mengenakan batik Mega mendung,” tambahnya.

Setelah mengunjungi Cirebon, Putri menjelaskan misi kami kedepan yaitu dengan terus melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Karena, kalau bukan kita siapa lagi. Di masa pemulihan pandemi ini, kita harus tetap akan budaya Indonesia,” pungkas Putri.

Putra-Putri Kebudayaan Indonesia 2019 dan Jawa Barat 2020 Kunjungi Keraton Kacirebonan, Sabtu (4/7/2020)

Sementara itu, Sultan Kacirebonan, Abdul Gani Natadiningrat merasa senang degan kehadiran perwakilan putra dan putri Kebudayaan Indonesia ke Keraton Kacirebonan untuk mengangkat kelestarian budaya di Cirebon ke kancah nasional.

BACA YUK:  Hujan Lebat, Banyak Genangan di Sejumlah Jalan di Kota Cirebon ⁣

“Kami berpesan kepada duta budaya Indonesia, bahwa begitu pentingnya nilai-nilai budaya ini diangkat ke kancah nasional agar tetap dilestarikan,” ujarnya.

“Karena, budaya ini juga sebagai akar jati diri bangsa yang harus kita pertahankan,” imbuhnya.

Dengan kehadiran Putra-Putri Kebudayaan Indonesia ini, Sultan berharap, apa yang diharapkan bisa dibawa ke kancah nasional bahkan internasional.

“Kita dukung putera putri kebudayaan dari Jawa Barat ini bisa melestarikan budaya, secara khusus untuk Kacirebonan, dan budaya yang ada di Indonesia secara umum,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Putra-Putri Kebudayaan Indonesia diajak berkeliling untuk melihat benda-benda peninggalan yang ada di Keraton Kacirebonan.

Bahkan, mereka disuguhkan dengan penampilan putra mahkota Kesultanan Kacirebonan dengan bermain gamelan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Dapur Kampung Kuliner Tawarkan Menu Enak Tapi Murah, Spesial Lele Bakar Kacang

Cirebon,- Berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi Cirebon menjadi salah satu Kota dengan beraneka ragam kuliner. Banyak rumah...

Begini Cara Polwan Polresta Cirebon Sosialisasikan PPKM⁣

Cirebon,- Polwan Polresta Cirebon memberikan sosialisasi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada pengguna jalan yang melintas di simpang empat Pasar Sumber dan Pos Penyekatan...

Kota Baru Keandra Tawarkan Cicilan Ringan⁣

Cirebon - Rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Apalagi untuk pasangan yang akan atau sudah berkeluarga, Kota Baru Keandra Sumber bisa jadi solusi...

Bupati Cirebon Minta Semua Pihak Ikuti Aturan Selama PPKM

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Cirebon melaksanakan monitoring dan evaluasi dalam rangka penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Jumat...

More Articles Like This