Layani Pemudik, BI Cirebon Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area Tol Cipali KM 166

0
60
Layanan Penukaran Uang layak edar kas keliling Bank Indonesia di Rest Area Tol Cipali KM 166

Cirebon,- Upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon membuka layanan kas keliling penukaran uang layak edar di Rest Area Tol Cipali KM 166, Kamis (7/6/2018).

Kegiatan penukaran uang layak edar tersebut dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri tahun 2018. Penukaran uang dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 7-8 Juni 2018.

Kepala KPw BI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengatakan dibukanya penukaran uang di rest area tol Cipali, agar masyarakat yang belum mendapatkan uang layak edar untuk lebaran bisa terlayani dengan baik.

Aston Hotel

“Khususnya penukaran uang layak edar ini untuk para pemudik dari Jakarta, yang mungkin sebelumnya belum terlayani karena kesibukannya,” ujarnya kepada About Cirebon.

Uang yang disediakan pada penukaran kali ini, Majid menegaskan, cukup untuk melayani masyarakat yang ingin menukarkan uangnya.

“Karena baru hari pertama, nanti kita lihat. Kalau memang kebutuhannya cukup besar, hari kedua akan kita penuhi,” bebernya.

Untuk menghindari jual beli uang, Bank Indonesia membatasi penukaran uang layak edar. Setiap penukaran, masyarakat hanya bisa menukarkan maksimal 2 pak per pecahan.

“Tetapi, tergantung nominalnya, misakan mau ambil pecahan Rp. 20 ribu 2 pak dan pecahan Rp. 10 ribu satu pak berartikan jumlahnya Rp. 3 juta,” jelasnya.

Lanjut dia, sampai saat hari kemarin, total penukaran uang di wilayah Ciayumajakuning sudah mencapai Rp. 4 Triliyun, yang dilakukan baik perbankan dan masyarakat.

“Kalau masyarakat kisaran total penukaran di angka Rp. 15 Milyar,” ungkapnya.

Menurutnya, memang kebanyakan penukaran dilakukan oleh perbankan, namun bank disalurkan kembali penukarannya kepada masyarakat yang ada di Ciayumajakuning.

“Penukaran ini juga kami minta diwajibkan bagi bank-bank yang ada di Wilayah III Cirebon untuk melakukan penukaran uang,” tegasnya.

Terpopuler 

Ia menambahkan, target penukaran uang tahun ini lebih tinggi dibanding tahun kemarin. Dan pihaknya menduga salah satunya dikarenakan tahun ini ada THR dan gaji 13 PNS. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter