Layanan Rapid Test Antigen di Stasiun Cirebon Kejaksan Hingga Pukul 21.00 WIB

Cirebon,- Mulai bulan Juni 2021, layanan rapid test antigen di Stasiun Cirebon Kejaksan hingga pukul 21.00 WIB. Sebelumnya, jam operasional layanan rapid test antigen mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Sedangkan, untuk layanan pemeriksaan GeNose dan Rapid Test Antigen di beberapa stasiun lainnya, di wilayah Daop 3 Cirebon tidak ada perubahan. Seperti Stasiun Cirebon Prujakan, Jatibarang, Brebes, dan juga Haurgeulis operasional hingga pukul 17.00 WIB.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan RNI (Rajawali Nusantara Indonesia) yang menjadi operator pelayanan rapid test antigen memperpanjang jam operasional hingga pukul 21.00 WIB di Stasiun Cirebon Kejaksan. Sebelumnya mulai pukul 08.00 sedangkan 17.00 WIB.

BACA YUK:  Wakil Wali Kota Cirebon Sambut Baik Hadirnya Agenda Cirebon

“Perpanjang waktu operasional ini guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang dan membantu dalam memenuhi persyaratan untuk menggunakan layanan KA jarak jauh. Dengan tarif Rp. 85 ribu, perpanjangan waktu ini dapat mempermudah penumpang,” ujar Suprapto, Jumat (11/6/2021).

Suprapto mengungkapkan bahwa, hasil pemeriksaan surat bebas Covid-19 di 5 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Untuk masa berlaku hasil negatif Test Rapid Antigen dan RT PCR, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA, dengan tarif Rp 85.000. Sementara masa berlaku hasil negatif Test GeNose C19, maksimal 1 x 24 jam dari pengambilan sampel, dengan tarif Rp 30.000.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Dukung Penguatan Pertahanan dan Keamanan di Kota Cirebon

Pihaknya mencatat, di wilayah Daop 3 Cirebon dalam kurun waktu 2 bulan terakhir mulai 1 Mei 2021 sedangkan 9 Juni 2021, sudah ada 33.540 orang yang menggunakan layanan tes GeNose. Sedangkan untuk layanan Rapid Test Antigens sebanyak 3.957 orang.

“Di lima stasiun wilayah Daop 3 Cirebon sendiri dari tanggal 1 Mei sampai 9 Juni 2021, sudah ada 33.540 orang menggunakan layanan GeNose. Sedangkan layanan rapid test antigen sebanyak 3.957 orang,” ungkap Suprapto.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan Test GeNose C19 di stasiun, kata Suprapto, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

BACA YUK:  UMKM di Kota Cirebon Segera Miliki NIB, Pengurusan NIB Semakin Mudah

“Sementara untuk Rapid Test Antigen, penumpang hanya cukup menunjukan tiket atau kode booking tiket saja,” katanya.

Bagi pelaku perjalanan dengan usia di bawah 5 tahun, tidak diwajibkan untuk tes RT PCR/ Rapid Antigen ataupun GeNose sebagai syarat perjalanan KA Jarak Jauh.

“Layanan pemeriksaan GeNose C19 maupun Rapid Test Antigen di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dilakukan dalam rangka screening Covid-19. Oleh karena itu, perpanjang jam operasional layanan rapid test antigen di Stadium Cirebon Kejaksan untuk mengantisipasi peningkatan,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.