Rabu, 29 September 2021

Layanan Kesehatan Gratis Rail Clinic Sambangi Stasiun Haurgeulis

Populer

Gangguan Kelistrikan Wilayah Karawang dan Cirebon, PLN Minta Maaf dan Terus Upayakan Perbaikan

Bandung,- Telah terjadi Gangguan Listrik pukul 17:53 WIB di Sebagian wilayah Karawang & Cirebon. Sampai dengan saat ini PLN...

Kampoeng Photography dan Videography (KPV) Merayakan Anniversary yang Kedua

Cirebon,- Kampung Photographer adalah sebutan dari Komunitas Photography dan Videography (KPV) yang terletak di Desa Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin...

Telusur Tajug Tua Kota Cirebon Lewat Lawang Sanga dan Kali Kriyan

Penulis : Syaeful Badar (Marbot Masjid Raya At Taqwa dan Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon) Cirebon,- Menyusuri sudut demi sudut...

Karawang New Industry City (KNIC) Terpilih Menjadi Lokasi Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara

Karawang,- Karawang New Industry City (KNIC) menyambut pembangunan PT HKML Battery Indonesia, pabrik baterai kendaraan listrik (electric vehicle /...

KAI Buka Lowongan Kerja dan Tidak Dipungut Biaya

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini sedang membuka rekrutmen untuk berbagai formasi. Masyarakat yang ingin melamar dapat...

Indramayu,- PT KAI (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon kembali menghadirkan Rail Clinic untuk masyarakat di sekitar Stasiun Haurgeulis, Indramayu, Kamis (10/10/2019).

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang bertugas memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Rail Clinic Generasi ke-4 ini memberikan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, laboratorium serta pelayanan kefarmasian, juga dilengkapi dengan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library.

Loading...

Rail Library berisikan buku-buku manual dan fasilitas e-library untuk meningkatkan minat baca sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat.

1. Sejak Tahun 2016

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan pelayanan Rail Clinic sudah menjadi agenda tahunan di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon sejak 2016 yang lalu.

BACA YUK:  KAI Buka Lowongan Kerja dan Tidak Dipungut Biaya

“Sejak tahun 2016, kereta Rail Clinic sudah mendatangi stasiun-stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon,” ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Luqman menjelaskan, Rail Clinic pertama kali hadir di Wilayah Daop 3 Cirebon pada tahun 2016 di Stasiun Ciledug, tahun 2017 di Stasiun Babakan, tahun 2018 di Stasiun Losari dan Stasiun Pegasenbaru.

“Untuk tahun 2019 ini PT. KAI Daop 3 Cirebon telah melaksanakan kegiatan Rail Clinic di tiga lokasi, yakni pada bulan Maret di Stasiun Jatibarang, bulan Juni di Stasiun Terisi, dan bukan Oktober ini di Stasiun Haurgeulis,” beber Luqman.

2. Undang 350 Warga

Pada kegiatan Rail Clinic di Stasiun Haurgeulis, PT. KAI Daop 3 Cirebon mengundang sebanyak 350 warga dari empat desa di sekitar stasiun seperti Desa Haurgeulis, Cipancuh, Mekarjati, dan Sukajati.

“Masyarakat yang diundang mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama sert penyuluhan kesehatan,” terangnya.

PT KAI Daop 3 Cirebon, kata Luqman, menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 3 apoteker, 2 petugas laboratorium dan 15 paramedis.

3. Pemberian Kacamata Gratis

Pada kegiatan yang sama, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 50 siswa siswi Sekolah Dasar (SD).

“Pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata,” ungkapnya.

Selain pembagian kacamata, tambah Luqman, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa SDN Haurgeulis, SDN Sukahati, SDN Cipancu, SDN Kubangsari, dan SDN Karang Tumaritis untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

Pihaknya berharap, dengan adanya layanan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar. KAI juga menghimbau agar masyarak turut serta menjaga kemanan dan keselamatan perjalanan KA.

“Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan bakti sosial ini juga bisa menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antara PT KAI, Pemda Indramayu dan juga masyarakat sekitar jalur KA,” harap Luqman. (AC212)

BACA YUK:  Pemkab Targetkan Tahun 2021 Semua Bidang Tanah di Kabupaten Cirebon Sudah Bersertifikat
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Capaian Vaksinasi di Kabupaten Cirebon Masih Rendah, ini Kata Kadinkes

Cirebon,- Capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon baru tercapai 23 persen. Target vaksinasi Kabupaten Cirebon harus mencapai 1.782.964 jiwa...

Rayakan Ulang Tahun ke-4 di Indonesia, Kredit Pintar Perluas Literasi Keuangan Bagi Masyarakat

Jakarta,- Kredit Pintar, sebuah platform fintech terdepan yang telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), merayakan tahun keempat aktif melayani kebutuhan finansial masyarakat...

Kepala Staf Angkatan Laut Targetkan 6000 Vaksin di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) meninjau program Serbuan Vaksinasi Maritim di dua pesantren di Kabupaten Cirebon. Dua pesantren tersebut yakni Pesantren Kempek dan...

Anggota Komisi VIII DPR RI Nilai Pembentukan Provinsi Cirebon Raya Penting

Cirebon,- Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Jabar IX, Maman Imanulhaq menilai pembentukan Provinsi Cirebon Raya sangatlah penting untuk tiga hal. Tiga hal tersebut,...

More Articles Like This