Kamis, 20 Januari 2022

Layanan Kesehatan Gratis Rail Clinic Sambangi Stasiun Haurgeulis

Populer

Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Awal Tahun, Manulife Mulia Putri Agency Mulai dengan Peduli Dunia Pendidikan

Cirebon,- Awal tahun, Manulife Mulia Putri Agency menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan paket sembako. Bantuan itu diberikan kepada...

Permudah Proses Kepemilikan Rumah, Tulus Asih Group Gelar Akad Kredit Massal

Cirebon,- Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah impian, Tulus Asih Group, Developer Properti Terbesar Se-Wilayah III Cirebon...

Satnarkoba Polresta Cirebon Ungkap 13 Kasus dan Amankan 17 Tersangka

Cirebon,- Satuan Reserse Narkoba Polresta Cirebon berhasil mengungkap 13 kasus peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Cirebon. Petugas juga...

Indramayu,- PT KAI (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon kembali menghadirkan Rail Clinic untuk masyarakat di sekitar Stasiun Haurgeulis, Indramayu, Kamis (10/10/2019).

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang bertugas memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Rail Clinic Generasi ke-4 ini memberikan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, laboratorium serta pelayanan kefarmasian, juga dilengkapi dengan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library.

Loading...

Rail Library berisikan buku-buku manual dan fasilitas e-library untuk meningkatkan minat baca sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat.

1. Sejak Tahun 2016

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan pelayanan Rail Clinic sudah menjadi agenda tahunan di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon sejak 2016 yang lalu.

BACA YUK:  Mengenali dan Memahami Al-Qur'an dalam Kehidupan Kita

“Sejak tahun 2016, kereta Rail Clinic sudah mendatangi stasiun-stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon,” ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Luqman menjelaskan, Rail Clinic pertama kali hadir di Wilayah Daop 3 Cirebon pada tahun 2016 di Stasiun Ciledug, tahun 2017 di Stasiun Babakan, tahun 2018 di Stasiun Losari dan Stasiun Pegasenbaru.

“Untuk tahun 2019 ini PT. KAI Daop 3 Cirebon telah melaksanakan kegiatan Rail Clinic di tiga lokasi, yakni pada bulan Maret di Stasiun Jatibarang, bulan Juni di Stasiun Terisi, dan bukan Oktober ini di Stasiun Haurgeulis,” beber Luqman.

2. Undang 350 Warga

Pada kegiatan Rail Clinic di Stasiun Haurgeulis, PT. KAI Daop 3 Cirebon mengundang sebanyak 350 warga dari empat desa di sekitar stasiun seperti Desa Haurgeulis, Cipancuh, Mekarjati, dan Sukajati.

“Masyarakat yang diundang mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama sert penyuluhan kesehatan,” terangnya.

PT KAI Daop 3 Cirebon, kata Luqman, menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 3 apoteker, 2 petugas laboratorium dan 15 paramedis.

BACA YUK:  Wahana Rumah Hantu Hotel Beringin Hadir di Cirebon, Berani Coba?

3. Pemberian Kacamata Gratis

Pada kegiatan yang sama, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 50 siswa siswi Sekolah Dasar (SD).

“Pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata,” ungkapnya.

Selain pembagian kacamata, tambah Luqman, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa SDN Haurgeulis, SDN Sukahati, SDN Cipancu, SDN Kubangsari, dan SDN Karang Tumaritis untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

Pihaknya berharap, dengan adanya layanan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar. KAI juga menghimbau agar masyarak turut serta menjaga kemanan dan keselamatan perjalanan KA.

“Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan bakti sosial ini juga bisa menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antara PT KAI, Pemda Indramayu dan juga masyarakat sekitar jalur KA,” harap Luqman. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tespoin Akan Gelar Munas di Bandung, Ini Agenda Kegiatannya

ABOUT SEMARANG – Perkumpulan Teknisi Ponsel Indonesia (Tespoin) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan silaturahmi yang akan digelar di Hotel...

Menghibur Anak Saat Vaksin, Transformer Hadir di Vaksin Merdeka

Cirebon,- Vaksinasi Merdeka anak usia 6-11 tahun yang diselenggarakan oleh Polres Cirebon Kota bersama dengan Pemerintah Kota Cirebon menghadirkan cosplay kartun, Rabu (19/1/2022). Kegiatan...

Forum Pengada Layanan Apresiasi Atas Diresmikan RUU TPKS

Cirebon,- DPR RI resmi menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) yang menjadi inisiator DPR. Dengan diresmikan RUU TPKS, Forum Pengada Layanan...

Satu Warga Ber-KTP Kota Cirebon Positif Omicron, Isolasi di Wisma Atlet Jakarta

Cirebon,- Satu warga Kota Cirebon dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron. Namun, saat ini tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet di Jakarta. Wali Kota Cirebon, Drs....

More Articles Like This