Lansia dan Kelompok Rentan di Kabupaten Cirebon Jadi Prioritas Vaksin Booster

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon mulai melaksanakan vaksinasi booster untuk kelompok lanjut usia (lansia) mulai hari ini, Senin (17/1/2022). Vaksin booster tersebut diberikan untuk lansia yang sudah menjalani vaksin dosis kedua.

Selain untuk kelompok lansia, penerima vaksin booster juga untuk kelompok rentan yang menjadi prioritas yakni penderita imunkompromais. Pemkab Cirebon juga menjamin, persediaan stok vaksin masih aman.

Kesie Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Dendi Hamdi mengatakan lansia Kabupaten Cirebon yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua sebanyak 154 ribu jiwa. Dari total 154 jiwa hanya 48 persen yang mendapatkan booster.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 16 April 2022

“Saat ini belum banyak lansia yang bisa mengikuti vaksin booster. Karena, hanya 48 persen lansia dari total 153 ribu jiwa yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua,” ujar Dendi, Senin (17/1/2022).

Menurut Dendi, kelompok lansia yang bisa mendapatkan vaksin booster merupakan lansia yang sudah enam bulan setelah dosis kedua. Sedangkan untuk penderita imunkompromais, tambah Dendi, sampai saat ini masih dalam pendataan.

“Untuk penderita imunkompromais sampai saat ini masih kami data. Karena kelompok ini paling tidak banyak di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Langsung Kembalikan Barang Milik Korban Pecah Kaca Mobil

Dendi menambahkan pelaksanaan vaksin booster sudah bisa dilakukan di masing-masing Puskesmas. Dimana, lansia maupun penderita imunkompromias yang sudah memenuhi syarat bisa mendapatkan vaksin booster.

“Jenis vaksin yang digunakan untuk booster adalah Pfizer. Dinkes Kabupaten Cirebon sudah mengajukan vaksin jenis AstraZeneca ke Pemprov Jabar,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.