Lakukan 6 Tips ini Saat Servis Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Agar selalu nyaman dipakai, mobil harus rutin dirawat atau diservis. Sama halnya dengan servis motor, servis mobil juga perlu dilakukan secara berkala baik tiap beberapa bulan sekali atau sesuai kilometernya.

Anda juga perlu melakukan servis atau perawatan mobil saat akan melakukan perjalanan jauh untuk berbagai tujuan seperti mudik, liburan, dan lain-lain supaya perjalanan yang ditempuh lancar tanpa kendala.

Perlu diketahui, bahwa jenis servis mobil ada banyak dan memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk informasi jenis servis mobil dan biayanya kunjungi lifepal.co.id/media/servis-mobil/.

Setiap merek mobil punya standar biaya servis yang berbeda-beda. Untuk biaya servis mobil Avanza bisa mengetahuinya lebih lanjut dalam artikel berikut!

Tips Servis Mobil untuk Perjalanan Jauh

Agar perjalanan aman saat ingin bepergian jauh, Anda sebaiknya melakukan servis mobil terlebih dulu. Jika tahu caranya, Anda bisa melakukannya sendiri. Namun, untuk hasil yang lebih baik, percayakan hal ini pada bengkel mobil langganan Anda.

Lalu, bagaimana tips perawatan mobil yang tepat untuk persiapan perjalanan jauh? Informasinya bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini.

BACA YUK:  Hadiri Ramah Tamah, LVRI Kota Cirebon Ajukan Pembangunan Monumen Perjuangan Rakyat Cirebon

Pengecekan Mesin Secara Keseluruhan

Anda akan menempuh jarak perjalanan sejauh ratusan kilometer saat akan pergi mudik dan berlibur ke luar kota. Untuk memastikan kondisi mobil benar-benar prima dan perjalanan bisa selamat sampai tujuan, servis mobil jadi hal yang wajib Anda lakukan.

Pertama, cek kondisi oli mesin pada mobil Anda. Apabila sudah encer dan berkurang, maka sebaiknya diganti. Namun, jika masih bagus dan kental, maka tidak perlu mengganti oli mesin.

Selain oli mesin, Anda juga lebih baik mengganti filter oli dan juga timing belt. Tiap-tiap merek mobil punya standar biaya servis yang berbeda-beda. Untuk biaya servis mobil Avanza, Anda bisa mengetahuinya di sini.

Cek Air Radiator Mobil

Tips perjalanan aman selanjutnya dengan memastikan level air radiator cukup supaya mesin mobil tidak overheat. Jika hal ini terjadi maka mobil bisa mendadak mati total.

Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi saat mudik atau liburan bukan? Anda bisa mengeceknya sendiri sebelum berangkat dengan membuka tutup radiator dan melihat seberapa banyak air yang ada. Selain itu, perhatikan juga tabung airnya, dan pastikan posisinya ada di batas normal.

BACA YUK:  Info Loker : RS. Sumber Kasih

Perhatikan Bearing dan Kaki-Kaki Roda

Selain mesin dan air radiator, penting juga untuk mengecek bearing roda atau kaki-kaki. Jika Anda mendapati suara gemuruh di bagian kaki-kaki yang diikuti laju mobil yang tidak stabil, maka lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Bahaya jika hal ini sampai diabaikan karena bearing bisa pecah di perjalanan dan membuat mobil mogok.

Periksa Ban, Tekanan Angin, dan Wiper

Ban mobil yang sudah gundul sebaiknya diganti dengan yang baru agar tidak selip dan menyebabkan kecelakaan. Kemudian tekanan angin bisa Anda lihat di lis pintu pengendara yang ada di dalam.

Pengisian angin ban dengan nitrogen lebih disarankan demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mudik atau liburan.

Mengecek karet-karet wiper juga jangan sampai terlewatkan, terutama jika bepergian saat musim hujan. Hal ini penting supaya jarak pandang pengendara tetap baik saat diguyur hujan.

BACA YUK:  Info Loker : EB Batik Tradisional

Pastikan Kelistrikan Aman

Kelistrikan mobil berhubungan dengan lampu-lampu mobil dan aki. Faktanya, kondisi aki yang mumpuni akan menjamin kelistrikan mobil lebih aman. Jadi, Anda bisa bepergian dengan aman dan tenang.

Servis Lagi Selesai Mudik

Untuk memastikan kondisi mobil selalu prima, Anda bisa melakukan servis mobil sekembalinya dari liburan atau mudik. Hal-hal yang perlu dicek kurang lebih sama seperti servis sebelum melakukan perjalanan. Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa berkendara tanpa rasa was-was untuk pemakaian sehari-hari.

Melalui artikel di atas dapat disimpulkan bahwa, servis mobil sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kondisi mobil supaya selalu dalam keadaan baik. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi keamanan dan kenyamanan pengendara serta penumpang yang ada di dalamnya.

Apalagi saat melakukan perjalanan jauh, tentunya semua komponen di dalam mobil harus dicek dan dipastikan aman.

Supaya lebih tenang, lindungi mobil Anda dengan memiliki asuransi mobil Lifepal sekarang juga! (*)

(Dilihat: 57 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.