Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al-Irsyad Al-Islamiyah Cirebon Gelar Khotmil Qur’an XXV

Cirebon,- Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al-Irsyad Al-Islamiyah Kota Cirebon menggelar Khotmil Qur’an XXV yang berlangsung Gedung Islamic Center At-Taqwa, Jalan R.A Kartini, Kota Cirebon, Sabtu (23/2/2019).

Ketua Panita Khotmil Qur’an XXV Al-Irsyad Al-Islmaiyah Kota Cirebon, Nafisah, S.Pd mengatakan acara Khotmil Qur’an merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al-Irsyad Al-Islamiyah Kota Cirebon.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 137 siswa dari RQ, TK, SD, SMP dan SMK Informatika, dan dari luar,” ujarnya kepada About Cirebon.

1. Metode Qiroati

Menurut Nafisah, Khotmil Qur’an adalah kegiatan puncak dari pembelajaran Qiroati, karena Al-Irsyad mengajarkan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiroati 4 jilid.

“Ketika anak itu sudah mencapai target, maka ditahun ini anak tersebut di Ebtak (evaluasi belajar tahap akhir) dari Qiroati. Setelah dinyatakan lulus, anak tersebut bisa ikut Khotmil Qur’an,” jelasnya.

Lanjut Nafisah, Khotmil Qur’an ini diikuti oleh seluruh untuk pendidikan yang ada di Al-Irsyad mulai dari RQ, TK, SD, SMP, dan SMK.

BACA YUK:  Pentingnya Rencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini, Berikut Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Menurut Qoala

“Kebetulan, tahun ini ada yang dari luar, anak tersebut mengikuti metode pembelajaran Qiroati, dan Al-Irsyad merupakan cabang Cirebon maka menginduk ke kami,” bebernya.

2. 137 peserta Khotmil Qur’an

Khotmil Qur’an XXV mengambil tema “Melalui Bacaan Al-Qur’an Kupersembahkan Mahkota Kemuliaan untuk Orang Tua Ku di Surga”. Tentunya, kata Nafisah, harapan kepada seluruh orang tua didik tetap mengajarkan untuk pembaca Al-Qur’an, karena itu adalah bekal untuk anak-anak kita, untuk mengantarkan orang tuanya ke surga.

“Seluruhnya ada 137 peserta yang terdiri dari tingkat dasar Tahsin Jilid, tingkat dasar Tajwid Ghorib, dan Tafidz juz 28, 29 dan 30,” ungkapnya.

“Sedangkan peserta dari TK berjumlah 20 anak, RQ 50 anak, SD 29 anak, SMP 15 anak, dan SMK 15 anak, serta dari luar ada 2 anak,” imbuh Nafisah.

BACA YUK:  Gali Informasi Upah Tenaga Perawat, Komisi III DPRD Kota Cirebon Fasilitasi Mahasiswa ke Direksi RSD Gunung Jati

Pihaknya berterima kasih kepada pihak panitia yang telah bekerjasama telah mensukseskan acara Khotmil Qur’an, dan kepada seluruh orang tua peserta didik, serta kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara ini.

3. Tabungan Haji

Pada acara Khotmil Qur’an tahun ini, menurut Nafisa, akan diberikan tabungan haji kepada siswa yang berprestasi dari BNI Syariah.

“Yang mendapat tabungan haji dari BNI syariah ada 9 anak berprestasi,” tandasnya.

4. Menjadi Harapan Kita Semua

Sementara itu, Ketua PC Al-Irsyad Al-Islamiyyah kota cirebon, Drs Said Saleh Baumar dalam sambutannya mengatakan tema yang diambil dalam Khotmil Qur’an ini, tentunya menjadi harapan semua orang tua agar kelak anaknya dapat memberikan mahkota kemuliaan kepada kita.

“Karena itu, ketika anak-anak kita dibimbing dan dididik agar bisa baca al-quran dengan baik dan dapat mengamalkan Al-quran dengan benar, tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita sebagai orang tua,” ujarnya.

BACA YUK:  Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Barat Pastikan Stok Hewan Terjamin Sehat

Lanjut Said, Kalau anak-anak kita dididik dengan Al-quran, dididik membaca al-quran dengan baik, maka kelak ilmu yang didapatkan adalah ilmu yang baroqah.

“Makna Baroqah artinya, makin dekan makin taat kepada Allah SWT, sehingga ketika seseorang yang berilmu akan dapat dikatakan ilmunya baroqah, manakala dia mampu menetaskan keringat atau darahnya untuk perbuatan agama Allah,” ungkapnya.

“Dan tentunya, anak-anak yang belajar Al-quran akan menjadi anak-anak yang baroqah juga,” imbuh Said.

Menurut Said, ukuran keberkahan anak yang baroqah adalah anak yang senantiasa mampu mendoakan kedua orang tuanya, sekalipun orang tuanya sudah tidak ada.

“Ini adalah harapan kita, sehingga anak merupakan aset paling berharga untuk kita yang harus kita pelihara, dan harus kita bina,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 80 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.