Kunjungi Command Center Kabupaten Badung, DKIS Kota Cirebon akan Kembangkan di Kota Cirebon

Bali,- Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (5/11/2018).

Dalam kunjungannya, DKIS Kota Cirebon bersama sejumlah awak media yang bertugas di wilayah Kota Cirebon melakukan studi banding ke Command Center, Kabupaten Badung, Bali.

Baca juga ya Ini Tujuan DKIS Kota Cirebon Kunjungi Kabupaten Badung Bali

Studi banding tersebut, bertujuan untuk menggali lebih banyak informasi dan belajar terkait program-program yang masuk di dalam Smart City Kabupaten Badung dan juga terkait dengan Kehumasan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Badung Bali, I Wayan Weda Dharmaja menjelaskan Command Center yang berada di Kabupaten Badung secepatnya akan segera diresmikan dalam waktu dekat ini.

BACA YUK:  Nyemil Ciki Sudah Bosen? Yuk Jajan Telor Gulung

“Kami menganggarakan Command Center sebesar Rp. 30 Miliar, itu hanya untuk membangun infrastruktur, software dan hardware,” ujarnya kepada About Cirebon.

Lanjut Weda, saat ini pembangunan infrastruktur program smart city masih berlangsung, dengan menggunakan kabel fiber optik yang menjangkau hampir seluruh wilayah Kabupaten Badung.

“Kami menggunakan kabel Fiber Optik agar tidak terkendala dengan jaringan karena cuaca,” jelasnya.

Untuk program smart city, Kabupaten Badung tergolong kabupaten yang maju. Pasalnya, teknologi yang digunakan menggunakan teknologi terbaru.

Seperti videotron, kata Weda, Command Center Kabupaten Badung menggunakan teknologi laser dan CCTV yang terpasang bisa menangkap objek dengan kecepatan tinggi yang didatangkan langsung dari luar negeri.

BACA YUK:  Sarling Jabar, Atalia Apresiasi Hadirnya Posyandu Multifungsi

“Kami sudah memasang 168 CCTV di 117 titik dan CCTV tersebut bisa memantau hingga delapan kilometer. Jadi, bukan sekedar pasang CCTV saja,” terangnya.

“Untuk pemantauan di lapangan, cctv terpasang dengan kamuflase yang disamarkan seperti pohon,” imbuhnya.

Sementara itu, hal menarik lainnya dari Command Center Kabupaten Badung untuk memaksimalkan program smart city, pihaknya memperdayakan pekerja milenial dengan sistem pekerja kontrak.

“Pekerja kontrak tersebut terdiri dari tim IT hingga Ahli IT. Namun, untuk masalah gaji, kami sesuaikan dengan UMK dan UMK Ahli,” ungkapnya.

BACA YUK:  Info Loker : PT. Artaboga Cemerlang (OT Group)

Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Badung sedang mengembangkan klinik TIK. Klinik TIK ini untuk sarana konsultasi pengembangan TIK di Kabupaten Badung.

“Artinya sarana Klinik TIK ini untuk konsultasi dan pusat edukasi mengenai masalah informasi,” tandasnya.

Usai kunjungan ke Command Center Kabupaten Badung, Sekretaris DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuyasa mengatakan dengan kunjungannya ke Kabupaten Badung bisa semakin memantapkan Smart City dan memaksimalkan sarana yang ada di Kota Cirebon, khusunya dijaringan Fiber Optik dan akses CCTV.

“Insyaallah, beberapa item yang terkait dengan pemanfaatan teknologi, khususnya untuk pengembangan pariwisata, kita juga akan kembangkan di Kota Cirebon,” tutupnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *