Kunjungan Wisatawan ke Taman Air Gua Sunyaragi Naik 10 Persen, Ini Penyebabnya

Cirebon – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim telah meluncurkan Kurikulum Merdeka pada 11 Februari 2022 lalu. Dalam kurikulum merdeka tersebut terdapat program P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

Dengan adanya program P5 tersebut, ternyata sangat berdampak pada dunia pariwisata. Seperti halnya yang dirasakan oleh Objek wisata Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon.

BACA YUK:  Dua Tersangka Pencurian Toko Emas Berhasil Diamankan Polres Cirebon Kota

Humas Badan Pengelola Taman Air Gua Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon, Eko Ardi Nugraha mengatakan dengan adanya program P5 ini sangat menguntungkan bagi dunia pariwisata, khususnya di Taman Air Gua Sunyaragi. Dimana, menurut Eko, jumlah kunjungan alami peningkatkan sekitar 10 persen sejak sebulan terakhir.

“Kenaikan kunjungan ke Taman Air Gua Sunyaragi ini disebabkan adanya kunjungan pelajar yang mengimplementasikan program P5. Kenaikan kunjungan mencapai 10 persen,” ujar Eko, Rabu (22/11/2023).

Di hari biasa saja, kata Eko, kunjungan wisatawan ke Taman Air Gua Sunyaragi rata-rata mencapai 250 sampai 300 orang. Jumlah tersebut, belum ditambah dengan kunjungan pelajar sebesar 10 persen.

BACA YUK:  Usung Tema Ramadan Asian Delight, Buka Puasa di Bentani Hotel akan Disuguhkan Menu-menu Autentik

“Artinya peningkatan atau jumlah kunjungan pelajar yang mengimplementasikan P5 setiap kali kunjungan bisa 50 sampai 100 siswa yang datang,” katanya.

Tak hanya siswa dari Cirebon saja, menurut Eko, program P5 ini mendatangkan siswa dari luar Cirebon, seperti Majalengka, Kuningan, hingga Indramayu. Selain pelajar, ada juga mahasiswa.

“Mereka yang mengimplementasikan progam P5 di Taman Air Gua Sunyaragi ini, melakukan pengamatan struktur bangunan, mengenal sejarah Taman Air Gua Sunyaragi dan rekreasi,” pungkas Eko. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *