Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPRI RI Temukan Hal Menarik di Kota Cirebon

Cirebon,- Anggota Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja reses ke Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Senin (18/4/2022). Dalam kunjungannya, rombongan Komisi II DPR RI diterima langsung oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis.

Dalam kunjungannya, menurut Anggota Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin, banyak hal menarik yang kita ditemui, baik yang berkaitan dengan pemerintahan kota, soal reformasi birokrasi, pelayanan publik, dan persiapan menjelang pemilu 2024 baik KPU maupun Bawaslu.

“Contoh misalnya, di KPU ada masalah soal akses data kependudukan. Padahal dalam rangkaian tahapan pemilu ini menjadi perhatian bersama. Ternyata ada akses yang agak susah, tapi staf ahli sudah menjawab ada sinkronisasi,” ujar Yanuar.

BACA YUK:  Ribuan Masyarakat Hadiri Cirebon Bersholawat dan Haul Syekh Syarif Hidayatullah

Namun, pihaknya akan mengecek kembali permasalahan tersebut di DPR. Jangan-jangan, kata Yanuar, kasus seperti ini juga terjadi di wilayah lain, bukan hanya di Kota Cirebon tetapi di tempat lain karena tahapan pilkada sama di seluruh Indonesia.

“Kalau KPU nya susah mengakses data itu bagaimana. Karena data yang primer itu ada di Dukcapil,” katanya.

Belum lagi dalam reses tersebut, pihaknya menemukan teman-teman penyelenggara pemilu di tengah penahapan masa bakti mereka habis. Dan ini, kata Yanuar, akan menjadi catatan penting bagi Komisi II dalam persidangan berikutnya.

BACA YUK:  Seru dan Edukatif, Komunitas Cirebon Babywearers Gelar Halal Bihalal Dan Talkshow

“Termasuk bagaimana mengotimalkan pelayanan publik. Cirebon menjadi center pusat buka saja bagi warga yang ber KTP Kota Cirebon, tetapi tenyata kota sekitanya menjadi sangat membutuhkan Kota Cirebon,” kata Yanuar.

Menurut Yanuar, Kota Cirebon bisa untuk perdagangan, produk-produk dari luar atau bisa dibeli oleh orang luar Cirebon. Termasuk juga fasilitas pendidikan, kesehatan, yang mengakses bukan saja warga Kota Cirebon tetapi kota sekitar.

“Menariknya apa, karena Cirebon memberikan juga efek kepada wilayah sekitarnya. Di samping wilayah sekitanya memberikan efek baik dari Kota Cirebon,” jelasnya.

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon Akan Jalan Kaki Cirebon - Bandung, Ini Tujuannya

“Jadi catatan pentingnya, Bagaimana meningkatkan pelayanan publik dalam kota seperti ini,” tandasnya. (HSY)

(Dilihat: 47 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.