Kue Apem, Tradisi Masyarakat Cirebon di Bulan Shafar

Cirebon 24 Desember 2014 – Mencicipi kue apem dicampur kinca kelapa penuh rasa manis akan membuat ketagihan. Kue apem adalah makanan cemilan dan juga bisa dijadikan makanan khas Cirebon.

Tradisi masyarakat Cirebon di bulan Shafar adalah membuat apem atau membeli apem di pedagang.  Apem adalah kue yang terbuat dari bahan yang cukup sederhana yakni beras ketan dan dicampur dengan bahan tape kemudian dikukus. Sedangkan untuk kincanya terbuat dari gula jawa dicampur kelapa kemudian dimasak sampai matang dengan ditambahkan sedikit garam.

BACA YUK:  Hari Ibu Tinggal Sepekan! Nih Kasih Bento Cake Aja!

Kue apem bukan hanya ada di bulan Shafar saja tetapi sudah dijadikan makanan khas tradisional Cirebon di bulan selain Shafar.

Upit (30) tahun pedagang kue apem yang ditemui About Cirebon di depan Pasar Kanoman mengatakan berjualan kue apem di tempat ini sudah bertahun-tahun dan tidak mesti di bulan Shafar tapi juga di bulan lainnya. Akan tetapi di bulan Shafar ini banyak pesanan bisa mencapai 1500 pcs apem.

” Saya berjualan dari pagi sampai jam 12 sudah habis, kalau tiap harinya membuat kue apem gak begitu banyak namun di bulan Safar menambah jumlah pembuatannya,” ujarnya dengan rasa senang. (kir/job)

BACA YUK:  Kedai Kopi Nako Ada di Cirebon, Siang Makan Nasi Malam Minum Kopi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *