KPU Kota Cirebon Usulkan Tambahan Dapil untuk Pemilu 2024

Cirebon,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengusulkan terkait rencana penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Cirebon dalam pemilihan umum tahun 2024 kepada KPU RI. Rencananya Kota Cirebon akan menambah Dapil dari sebelumnya hanya 3 Dapil.

Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penginputan rancangan penyesuaian dapil untuk Pemilu tahun 2024 di Kota Cirebon melalui sistem aplikasi yang disebut dengan Electoral Redistricting. Aplikasi tersebut, lanjut Didi, sebagai sarana untuk menginput rancangan dapil yang diusulkan oleh kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

BACA YUK:  Salat Jumat Perdana, Masjid Lautze Cirebon Langsung Dipadati Jemaah

“Dari input data itu, akan menghasilkan output rancangan usulan. Kami KPU Kota Cirebon datang ke Jakarta membawa 3 rancangan yang diinput melalui aplikasi tersebut,” ujar Didi saat ditemui About Cirebon di Kantor DPRD Kota Cirebon, Kamis (24/11/2022).

3 usulan yang diinput melalui aplikasi, kata Didi, pertama rancangan terkait rancangan dengan tiga dapil, kedua usulan rancangan dengan 4 Dapil, dan rancangan usulan dengan 5 Dapil. Namun, menurut Didi, rancangan dengan tiga dapil ditolak oleh sistem.

“Oleh karena itu, setelah dikonsultasikan dengan helpdesk pembentukan Dapil kabupaten/Kota, maka dilakukan input lanjutan dengan opsi kedua untuk 4 dapil dan ketiga untuk 5 dapil. Sehingga secara resmi, rancangan yang diusulkan oleh KPU Kota Cirebon hanya dua rancangan, yaitu rancangan 4 Dapil dan rancangan 5 Dapil,” kata Didi.

BACA YUK:  Pariwisata Kota Cirebon Mulai Ramai Lagi, Okupansi Mengalami Peningkatan

Keputusan tersebut, tambah Didi, tetap akan diputuskan oleh KPU RI. Namun, pihaknya juga masih menunggu masukan dari stakeholder terkait, baik partai politik, perguruan tinggi, dan pemerhati sampai dengan tanggal 6 Desember 2022.

“Setelah 6 Desember 2022 kita juga akan melakukan langkah finalisasi melalui uji publik. Perkiraan keputusan dari KPU RI terkait rancangan tersebut akan diumumkan pada awal Januari 2023,” pungkasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *