KPU Kota Cirebon Lantik 4.053 Anggota KPPS se-Kota Cirebon

0
36

Cirebon,- Sebanyak 4.053 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kota Cirebon resmi dilantik, Minggu (3/6/2018).

Pelaksanaan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah KPPS dilakukan secara serentak di lima kecamatan yang ada di Kota Cirebon.

Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpahnya pada hari ini hanya diwakili oleh Ketua KPPS yang ada di 5 kecamatan 22 kelurahan yang tersebar di 579 TPS di Kota Cirebon.

Aston Hotel

“Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ujarnya.

Menurutnya, KPPS menyelenggarakan pemungutan suara di TPS merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang memiliki peran strategis.

Oleh karena itu, kata dia, sebagai bagian dari penyelenggara pemilihan Kepala Daerah, KPPS dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“KPPS diperlukan kecermatan, ketelitian dan konsisten terhadap data yang diperoleh dari pelaksanaan pemungutan dan rekapitulasi penghitungan suara,” ungkapnya.

Lanjut dia, data hasil rekapitulasi penghitungan suara sangat penting untuk menentukan jumlah akhir dari perolehan suara masing-masing pasangan calon, baik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon.

“Kami berharap (KPPS) harus memiliki integritas dan netralitas,” tegasnya.

Emirzal menjelaskan bahwa, integritas sangat dibutuhkan guna lebih menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Mulai saat ini tanamkanlah pada diri dalam melaksanakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara dengan penuh tanggung jawab, berintegrits dan netral sebagai anggota KPPS dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan.

“Semoga dengan kesiapan yang baik dan kerja sama kita semua, terwujud pelaksanaan Pilkada Serentak, Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Cirebon Berintegritas dan Bermatabat,” harapnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter