Kota Cirebon Terima Bantuan 40 Ekor Sapi Potong dari Kementerian Pertanian

Cirebon,- Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati menerima sapi potong sebanyak 40 ekor dari Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan, Balai Veteriner Subang, Rabu (3/11/2021).

Sapi potong tersebut untuk pengembangan ternak Ruminasia sapi potong indukan KT. Mekar Jaya. Penyerahan berlangsung di UPTD Balai Pengembangan Ternak Potong (BPTP) Kota Cirebon, di Argasunya.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan hari ini mendapatkan 40 ekor sapi, 20 ekor sapi untuk kelompok ternak dan 20 ekor untuk Balai Pengembangan Ternak Potong Kota Cirebon.

“Saya ucapkan terima kasih, semoga bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian bisa bermanfaat untuk para peternak dan kami,” ujar Eti.

BACA YUK:  Apresiasi Abang Ojol, Warung Titik Kumpul Berikan Sarapan Gratis hingga 2 Juli 2022

Menurut Eti, diberikannya bantuan sapi oleh Kementerian Pertanian, karena Kota Cirebon cukup eksis dalam hal peternakan. Selain itu, Kota Cirebon juga aktif dalam pengembangan ikan hingga tanaman.

“Dinas Pertanian Kota Cirebon ini betul-betul ada nilai plusnya walau kotanya kecil. Nilai plusnya begitu banyak untuk para peternak dan petani,” ungkapnya.

dr. Loka Setia, selaku Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan, Balai Veteriner Subang mengatakan hari ini Kota Cirebon menerima 40 ekor sapi. Dari 40 ekor sapi ini, 20 ekor untuk UPTD dan 20 ekor untuk Kelompok Mekar Jaya.

BACA YUK:  List Street Food BBQ di Cirebon, ini Lokasinya

“Sapi yang diberikan ini merupakan jenis lokal atau PO. Totalnya ada 40 ekor, 20 ekor untuk UPTD dan 20 ekor lagi untuk kelompok Mekar Jaya,” ujar Loka.

Loka berharap, dari bantuan ini bisa berkembang. Karena, kata Loka pihaknya sudah melakukan seleksi kepada kelompok-kelompok dan sudah menilai kesiapan kelompok.

“Kami telah melakukan seleksi kelompok, mulai dari kesiapan kandang, lahan, sumber daya air, sumber daya pakan, sudah kita nilai. Sehingga, kita yakin dengan bantuan ini kelompok bisa berkembang terus,” katanya.

“Jangan sampai bantuan ini tidak berkembang. Kita harapkan beberapa tahun ke depan bisa berkembang dan bisa menghasilkan anak keturunan serta bisa dikembangkan oleh peternak,” harapnya.

BACA YUK:  Info Loker : Aku Cendol Kamu

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan DKP3 Kota Cirebon, Yati Rohayati mengatakan hari ini kita mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa bibit sapi potong Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan.

“Semoga bantuan bibit ini yang jumlahnya 40 ekor, 20 ekor untuk kelompok ternak dan 20 ekor untuk UPTD bisa menjadikan bibit yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Yati juga berharap, bila bantuan sapi ini dipelihara dengan baik dan menghasilkan bibit-bibit ternak, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengajukan kembali. (AC212)

(Dilihat: 31 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.