Kota Cirebon Sudah Memiliki Bis Perpustakaan, Bagaimana Keadaannya?

Cirebon,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpus 400) kini memiliki Bis Perpustakaan dengan beragam fasilitas yang dimiliki. Suasana yang nyaman dan konsep yang menarik, menjadi keunggulan dari Bis Perpustakaan ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, M. Korneli mulai mengenalkan Bis Perpustakaan tersebut. Dia mengaku fasilitas baru ini merupakan pinjaman dari perusahaan Bus Damri saat pembukaan Bandara Internasional Jawa Barat, Mei lalu.

“Beberapa waktu lalu saya mengajukan pojok baca pada pemerintah berupa mobil kontainer, ternyata direspons dengan baik, dan diberilah pinjaman berupa bis dari Damri. Kemudian setelah diubah isi bisnya, jadilah seperti ini, dan mulai saya kenalkan ke masyarakat,” jelasnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Info Loker : Amica Kitchen

Pemberian bis ini merupakan program CSR dari Damri. Meski sifatnya bis pinjaman, Korneli berharap kedepannya Walikota Cirebon bisa mengusulkan untuk dihibahkan secara murni kepada pihak Perpustakaan 400. Karena dengan adanya bis ini, pihak Perpustakaan 400 ingin berkeliling ke tiap daerah di Kota Cirebon, mengajak masyarakat untuk membudayakan baca.

“Memang belum dilaunching secara resmi Bis Perpustakaan ini, tapi tak ada salahnya kalau mulai dikenalkan. Diparkirkan di depan Perpustakaan 400 menjadikan orang-orang penasaran dan ingin melihat kedalam Bis Perpustakaan,” tambahnya.

BACA YUK:  Rayakan HUT ke-7, Cordela Hotel Cirebon Gelar Doa Bersama Anak Yatim

Koleksi bukunya pun beragam, mulai dari buku anak-anak, buku pelajaran, buku pengetahuan, novel, dan lainnya tersedia. Suasananya pun cukup nyaman, namun masih ada beberapa hal yang masih kurang, diantaranya pendingin ruangan atau AC.

“Ya, semuanya kan bertahap, saat ini saya rasa kekurangan masih banyak, mulai dari AC jenset, komputer untuk pendataan buku atau absensi kehadiran, wifi, TV LCD/proyektor, play ground mini untuk anak-anak, awning, dan lainnya,” tambahnya.

Pihaknya berharap kebutuhan itu bisa terealisasi di tahun ini, atau awal tahun 2019. Di Bis Perpustakaan ini juga sudah tersedia kotak P3K, dan aneka bantal yang menambah kenyamanan. Kedepannya juga bus ini akan dilengkapi pemandu atau pustakawan, yang memudahkan pembaca sekaligus bisa bercerita kepada anak-anak atau pengunjung lainnya.

BACA YUK:  Nyemil Ciki Sudah Bosen? Yuk Jajan Telor Gulung

“Saya sudah membuat program bahwa bus ini nantinya bisa membawa anak-anak dari satu daerah menuju ke Perpustakaan 400 dan mereka membaca buku di dalam bus sepanjang perjalanan,” katanya. (AC560)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *