Jumat, 4 Desember 2020

Kota Cirebon Rawan Peredaran Narkoba, Ini yang Perlu Dilakukan

Populer

MD 7 Hotel Hadir di Cirebon, Tawarkan Promo Menarik Hanya Rp. 187 ribu/Malam

Cirebon,- MD 7 Hotel merupakan hotel budget yang terletak di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Hotel dengan 8 lantai ini...

Istri Sunjaya Purwadisastra, Hj. Wahyu Tjiptaningsih Terpilih Jadi Wakil Bupati Cirebon

Cirebon,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menetapkan Hj. Wahyu Tjiptaningsih sebagai Calon Terpilih Wakil Bupati Cirebon sisa...

Crab 1818 Hadirkan Promo Bapper, Harga Lebih Murah ⁣

Cirebon,- Restoran Pelopor Bancakan Seafood pertama di Kota Cirebon, Crab 1818 kembali menghadirkan promo untuk pelanggan.⁣ ⁣ Crab 1818 yang berlokasi...

Kandang Ayam Hadir di Cirebon, Tawarkan Menu Olahan Ayam dan Pilihan Sauce

Cirebon,- Resto Kandang Ayam kini hadir meramaikan kuliner di Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon, Resto Kandang...

Mulai Desember, Pegawai di Pemkab Cirebon Gunakan Batik Mande Praja Caruban

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menetapkan Batik Mande Praja Caruban sebagai batik baru untuk seluruh pegawai di Pemerintahan Kabupaten...

Cirebon,- Demi mewujudkan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon menggelar kegiatan bersama Pemerintah Kota Cirebon, TNI, dan Polri, yang berlangsung di Ballroom Hotel Santika, Jalan Dr. Wahidin, Kota Cirebon, Selasa (29/1/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka Optimalisasi Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui peran serta tiga pilar (Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Babonpotmar dan Puskesmas).

1. Jawa Barat Urutan ke-7

Loading...

Kepala BBN Provinsi Jawa Barat, Brigjen Pol. Drs. Sufyan Syarif mengatakan peredaran narkoba di wilayah Jawa Barat masuk dalam urutan ketujuh, tetapi dalam jumlah penduduk Jawa Barat termasuk yang rawan.

“Jumlah penduduk yang banyak, kemudian usia produktif paling besar juga 60 persen, itu sasaranya adalah ke-usia produktif. Di Jawa Barat usia produktifnya itu 20 juta,” ujarnya.

BACA YUK:  Harap Waspada, Begal Payudara Beraksi di Cirebon

“Inilah yang harus kita jaga, cegah, yang sudah terlanjur kita sembuhkan, peredaran kita lawan tidak pandang bulu, dan kita bersihkan bersama-sama dengan unsur terkait dari Polri dan TNI,” imbuhnya.

2. Wujudkan Desa Bersinar

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, sudah menetapkan desa menjadi jalur masuknya barang terlarang, terutama desa-desa yang berada di daerah perbatasan negara dan menjadi sasaran yang paling aman bagi bandar narkoba.

Untuk itu, karena desa menjadi wilayah strategis untuk jalur penyelundupan dan penyebaran penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba, maka desa harus menjadi garda terdepan untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sehingga, untuk menekan peredaran narkoba dan mewujudkan Desa Bersinar, lanjut Sufyan, yang penting masyarakat tidak pakai dan tidak mau pakai.

“Kita bentuk budaya bahwa narkoba tidak baik, itu perlu budaya tersebut. Sehingga daya lawan, daya cegahnya lebih efektif daripada yang lain-lainnya,” terang Sufyan.

BACA YUK:  Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Guru dan Nakes Naik Kereta Api

Menurutnya, hal tersebut Ini yang harus kita kerjakan, dan menyembuhkan yang sudah menggunakan harus disembuhkan, kalau tidak nular.

“Mencegah penularan dan mencegah jangan menggunakan, ini penting sekali,” tegas Sufyan.

3. Kota Cirebon Rawan Peredaran

Kota Cirebon, kata Sufyan, merupakan kota yang rawan peredaran narkoba.

“Cirebon dari dulu rawan, sudah berapa kali kita tangkap bandar besar di sini (Cirebon),” ungkap Sufyan.

Apalagi, menurut Sufyan, Cirebon miliki pantai dan pelabuhan besar, seperti pelabuhan tambang, pelabuhan ikan, dan pelabuhan barang-barang.

“Ini yang harus kita waspadai,” tegas Sufyan.

4. Wujudkan Cirebon Bersinar

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati mengatakan kota Cirebon adalah salah satu kota yang menjadi pusat perhatian peredaran narkoba di Jawa Barat.

“Insyaallah, kita siap mulai dari RT, RW, kelurahan dan kecamatan, kita turun bersama-sama, bersinergi dengan BNN, Polres, TNI, dan stakeholder yang ada untuk mewujudkan Desa Bersinar,” ujar Eti.

Menurut Eti, bentuk sinergitas yang akan dilakukan untuk mewujudkan Desa Bersinar yaitu dengan menggelar kegiatan sosialisasi.

BACA YUK:  Telkomsel Hadirkan Kelas Parenting Kiat Sukses Mengasuh Anak di Masa Pandemi

“Tadi kita sudah berbicara dengan Kapolres, di titik-titik RW kita memang perlu untuk turun kelapangan keliling dan memberikan sosialisasi,” kata Eti.

“Kita bersama-sama dengan seluruh jajaran yang ada, kita harus siap menuju Cirebon lebih baik dengan program Desa Bersinar,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Dirut RSD Arjawinangun: Kondisi Bupati Cirebon Stabil

Cirebon,- Setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (1/12/2020) malam, Kondisi Bupati Cirebon, Drs. H. Imron hingga saat ini masih...

Lima Pelaku Curat Diamankan Jajaran Polresta Cirebon

Cirebon,- Jajaran Polresta Cirebon mengamankan lima pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Namun, mereka terlibat kasus tindak pidana yang berbeda-beda. Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi...

Tren Bisnis Milenial Social Commerce⁣ ⁣

Satu dekade terakhir, bermunculan berbagai macam platform media sosial yang tanpa disadari telah mengambil alih dunia dan kehidupan sehari-hari. Media sosial ini telah meraih...

Acara Puncak Hari AIDS Sedunia 2020 “Perkuat Kolaborasi, Tingkatkan Solidaritas”⁣

Jakarta,- Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) 2020 yang jatuh⁣ pada tanggal 1 Desember 2020, sejumlah pemangku kepentingan, seperti: Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan...

More Articles Like This