Kota Cirebon jadi 1 dari 25 Kota/Kabupaten Rintisan Smart City, Sudah Siap?

Jakarta, 2 Oktober 2017 – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan 25 Kabupaten/Kota percontohan dalam penerapan konsep smart city di Indonesia. Salah satunya adalah Kota Cirebon.

Dua puluh lima daerah itu terpilih berdasarkan seleksi yang melibatkan Kemenkominfo, Kementerian Dalam Negeri, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Di Jawa Barat hanya 6 Kota/Kabupaten yang masuk dalam rintisan smart city yaitu Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kabupaten Purwakarta.

BACA YUK:  Peringati Hari Anak Nasional, PT KAI Daop 3 Cirebon Berikan Edukasi Perkeretaapian

“Target tahun 2017 sebanyak 25 kota/kabupaten, selanjutnya 50 pada tahun 2018, dan 25 pada tahun 2019. Diharapkan pada tahun 2019 terdapat 100 kota/kabupaten yang menjadi role model dalam implementasi program smart city,” ujar Dwi Elfrida, salah satu penanggung jawab dari Kemenkominfo.

Data yang diperoleh dari Kemenkominfo, pada tahun 2045 diperkirakan sebanyak 82,37% penduduk Indonesia hidup di Kota. Sehingga dibutuhkan konsep kota pintar yang dapat memberikan tempat tinggal yang layak huni bagi masyarakat serta meningkatkan efisiensi pelayanan publik.

BACA YUK:  Ketua IDI Kota Cirebon: Saya Yakin Hepatitis Akut Misterius Tidak Menjadi Penyakit Pandemi

Smart City atau kota pintar merupakan sebuah konsep pengembangan perkotaan dengan mengimplementasikan kemajuan teknologi sehingga memungkinkan adanya interaksi antara pemerintah dengan warganya.

Rancangan smart city diharapkan dapat membantu solusi perkotaan seperti adanya transparasi dan pertisipasi publik, transportasi publik, transaksi non-tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. (AC350)

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Jesdegar berkata:

    sekarang., jelas belum lah, dari pemerintahnya belum siap, sebagian masyarakatnya belum siap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.