Kota Cirebon Bersiap Terapkan Tilang Elektronik

Cirebon,- Pelaksanaan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu kota yang akan menerapkan sistem tilang elektronik yakni di Kota Cirebon. Saat ini, Satuan Lalu lintas Polres Cirebon Kota tengah menyiapkan sistem tersebut.

Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan sesuai arahan Kapolri akan diterapkan tilang secara online atau e-tilang.

“E-tilang untuk di Kota Cirebon baru dipasang circuit closed televisi (CCTV) di 6 titik,” ujar Habibi saat ditemui About Cirebon di Polres Cirebon Kota, Jumat (29/01/2021).

BACA YUK:  Cegah Banjir Rob, Pemkot Kota Cirebon Minta BBWS Buatkan Pintu Air

Namun, lanjut Habibie, untuk pelaksanaan e-tilang di Kota Cirebon saat ini masih pembangunan gedung dan bisa digunakan pada pertengahan Maret 2021.

“Mungkin (e-tilang) bisa dirilis pada saat pertengahan Maret. Setelah pertengahan Maret nanti kami laporkan Polda, bagaimana pelaksanaanya teknis dan segala macam, termasuk petugas akan diberikan pelatihan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Menurut Habibi, terkait dengan sosialisasi e-tilang di Kota Cirebon sudah dilakukan dan pelaksanaan hari H nya masih menunggu Korlantas dan Polda.

Bahkan, tambah Habibi, sejak awal Januari 2021 sudah datang tim survei untuk lokasi pemasangan kamera pemantau atau CCTV untuk monitoring semua, termasuk titik yang akan dipasang di lokasi mana saja nantinya.

BACA YUK:  Kadini, S.Sos Jabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon yang Baru

“Sudah ada 6 titik yang akan dipasang (e-TLE), pertama pertigaan BTN Krucuk, Perempatan Kejaksan, Perempatan Asia Toserba, Perempatan Latpri Cipto, Perempatan Gunung Sari dan perempatan Perumnas,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 15 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.