Senin, 25 Mei 2020

Komunitas TDA Cirebon Serahkan Bantuan Pangan Melalui Dinas Sosial Kota Cirebon

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Bila Masih Ditemukan Warga Mudik, Polresta Cirebon Akan Putar Balik Kendaraan

Cirebon,- Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik lebaran pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 ini guna mencegah penyebaran virus...

PSBB Tahap Kedua, Pusat Perbelanjaan Boleh Buka Normal

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memutuskan untuk memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Cirebon mulai...

Masjid Raya At-Taqwa dan Masjid Sang Cipta Rasa Tidak Menggelar Salat Id

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memperpanjang masa PSBB tahap kedua selama 14 hari kedepan.PSBB tahap kedua sudah dimulai...

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon menyalurkan bantuan pangan. Bantuan tersebut disalurkan melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Cirebon, Jumat (3/4/2020).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Sosial PPPA Kota Cirebon, Siti Halimah mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Komunitas TDA Cirebon, untuk kelompok Peka (Perempuan Kepala Keluarga) Binaan Dinsos PPPA Kota Cirebon.

“Kelompok Peka ini merupakan kelompok ibu-ibu ini yang menjadi tulang punggung keluarga,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (3/4/2020).

Lanjut Siti, penyaluran bantuan pangan ini dalam rangka mengurangi beban terkait adanya wabah virus Corona atau Covid-19.

Loading...

“Mudah-mudahan ini bisa sangat bermanfaat buat mereka, apalagi Kelompok Peka ini memiliki usaha dan dalam situasi seperti ini tidak menutup kemungkinan usaha mereka sangat terganggu,” ungkapnya.

Dengan adanya virus Corona dan adanya pembatasan sosial, kata Siti, dapat mempengaruhi hal ekonomi mereka. Kelompok Peka tersebut memiliki 8 Kelompok yang tersebar di 5 Kecamatan di Kota Cirebon.

“Total ada delapan kelompok, namun anggotanya ada lebih dari seratus orang,” terangnya.

Pihaknya berharap, kegiatan penyaluran bantuan pangan ini tidak hanya dilakukan kali ini saja, namun bisa berlanjut.

Sementara, Uun Unerie, selaku Bendahara Komunitas TDA Cirebon menjelaskan bahwa penyaluran pangan ini berasal dari penggalangan dana yang dilakukan oleh Komunitas TDA Cirebon.

“Awalnya, penggalangan dana ini untuk pengadaan alat pelindung diri (APB) rumah sakit, namun sebagian sudah kami salurkan,” ujarnya kepada About Cirebon.

Tetapi, lanjut Uun, melihat banyak perusahaan yang menutup dan merumahkan karyawannya tanpa di gaji, dari situlah akhirnya terketuk pintu hati teman-teman TDA Cirebon untuk menyalurkan bantuan pangan.

“Akhirnya, sebagian donasi yang kami kumpulkan, dialokasikan untuk menanggulangi Covid-19 dari sisi ekonomi. Dan penyaluran ini merupakan tahap pertama,” jelasnya.

“Kedepan kami akan menyasar pada tenaga kerja outsourcing yang di PHK. Kami akan berkolaborasi dengan Disnaker dan pihak lain,” tambahnya.

Dalam penyaluran pangan tahap pertama ini, Komunitas TDA Cirebon menyalurkan sebanyak 200 pax beras dengan berat 5 kilogram beras.

Selain penyaluran pangan dan bantuan APD bagi tenaga medis, Komunitas TDA Cirebon juga menyalurkan pembuatan wastafel di beberapa titik di Kota Cirebon.

“Saat ini baru dua titik yang sudah terpasang wastafel umum. Yang pertama ada di Jalan Cipto depan SMAN 2 dan Jalan Siliwangi depan SMPN 1 Kota Cirebon,” tandasnya.

Selain itu, Ratnawati, perwakilan dari Kelompok Peka Melati Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon mengapresiasi bantuan yang diberikan Komunitas TDA Cirebon.

“Ini sangat membantu. Dengan bantuan beras ini bisa lebih ringan, karena yang biasanya pengeluaran untuk beli beras bisa dialokasikan untuk bahan makanan,” katanya.

Ratna berharap, bantuan ini terus berlanjut dan lebih luas lagi. Apalagi masih banyak di luaran yang masih yang sangat membutuhkan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Sembuh

Cirebon,- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sembuh.Berdasarkan hasil...

Slamet Anak Sebatang Kara yang Tinggal di Rumah Hampir Ambruk

Cirebon,- Slamet (15) asal Blok Singkil 2 RT 02 RW 07, Desa Astanajapuran Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, kondisinya terlihat memperihatinkan.Pasalnya, Slamet merupakan anak yatim...

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

Cirebon,- Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan satu pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (23/5/2020).Sehingga, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19...

H-2 Jelang Lebaran Idulfitri, Polresta Cirebon Terus Lakukan Penyekatan Selama 24 Jam

Cirebon,- H-2 jelang Hari Raya Idulfitri tahun 2020, jajaran Polresta Cirebon bersama dengan unsur lainnya terus melakukan penyekatan di wilayah Kabupaten Cirebon.Kapolresta Cirebon, Kombes...

Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Minuman Keras Hasil Razia

Cirebon,- Polresta Cirebon memusnahkan barang bukti sepuluhan ribu botol minuman keras (miras) berbagai jenis hasil razia.Pemusnahan yang dihadiri Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten...

More Articles Like This