Komunitas TDA Cirebon Serahkan Bantuan Pangan Melalui Dinas Sosial Kota Cirebon

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon menyalurkan bantuan pangan. Bantuan tersebut disalurkan melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Cirebon, Jumat (3/4/2020).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Sosial PPPA Kota Cirebon, Siti Halimah mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Komunitas TDA Cirebon, untuk kelompok Peka (Perempuan Kepala Keluarga) Binaan Dinsos PPPA Kota Cirebon.

“Kelompok Peka ini merupakan kelompok ibu-ibu ini yang menjadi tulang punggung keluarga,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (3/4/2020).

Lanjut Siti, penyaluran bantuan pangan ini dalam rangka mengurangi beban terkait adanya wabah virus Corona atau Covid-19.

“Mudah-mudahan ini bisa sangat bermanfaat buat mereka, apalagi Kelompok Peka ini memiliki usaha dan dalam situasi seperti ini tidak menutup kemungkinan usaha mereka sangat terganggu,” ungkapnya.

BACA YUK:  Dinas Kesehatan Jawa Barat Lakukan Langkah Awal Antisipasi Hepatitis Akut Misterius

Dengan adanya virus Corona dan adanya pembatasan sosial, kata Siti, dapat mempengaruhi hal ekonomi mereka. Kelompok Peka tersebut memiliki 8 Kelompok yang tersebar di 5 Kecamatan di Kota Cirebon.

“Total ada delapan kelompok, namun anggotanya ada lebih dari seratus orang,” terangnya.

Pihaknya berharap, kegiatan penyaluran bantuan pangan ini tidak hanya dilakukan kali ini saja, namun bisa berlanjut.

Sementara, Uun Unerie, selaku Bendahara Komunitas TDA Cirebon menjelaskan bahwa penyaluran pangan ini berasal dari penggalangan dana yang dilakukan oleh Komunitas TDA Cirebon.

“Awalnya, penggalangan dana ini untuk pengadaan alat pelindung diri (APB) rumah sakit, namun sebagian sudah kami salurkan,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Nantikan! Begawan Hotel by Signata, Luxury & Eco-Friendly Hotel di Tengah Kota Palembang

Tetapi, lanjut Uun, melihat banyak perusahaan yang menutup dan merumahkan karyawannya tanpa di gaji, dari situlah akhirnya terketuk pintu hati teman-teman TDA Cirebon untuk menyalurkan bantuan pangan.

“Akhirnya, sebagian donasi yang kami kumpulkan, dialokasikan untuk menanggulangi Covid-19 dari sisi ekonomi. Dan penyaluran ini merupakan tahap pertama,” jelasnya.

“Kedepan kami akan menyasar pada tenaga kerja outsourcing yang di PHK. Kami akan berkolaborasi dengan Disnaker dan pihak lain,” tambahnya.

Dalam penyaluran pangan tahap pertama ini, Komunitas TDA Cirebon menyalurkan sebanyak 200 pax beras dengan berat 5 kilogram beras.

Selain penyaluran pangan dan bantuan APD bagi tenaga medis, Komunitas TDA Cirebon juga menyalurkan pembuatan wastafel di beberapa titik di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Tingkatkan SDM, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Lakukan Uji Ketangkasan dan Ketahanan Fisik

“Saat ini baru dua titik yang sudah terpasang wastafel umum. Yang pertama ada di Jalan Cipto depan SMAN 2 dan Jalan Siliwangi depan SMPN 1 Kota Cirebon,” tandasnya.

Selain itu, Ratnawati, perwakilan dari Kelompok Peka Melati Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon mengapresiasi bantuan yang diberikan Komunitas TDA Cirebon.

“Ini sangat membantu. Dengan bantuan beras ini bisa lebih ringan, karena yang biasanya pengeluaran untuk beli beras bisa dialokasikan untuk bahan makanan,” katanya.

Ratna berharap, bantuan ini terus berlanjut dan lebih luas lagi. Apalagi masih banyak di luaran yang masih yang sangat membutuhkan. (AC212)

(Dilihat: 50 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.