Senin, 10 Agustus 2020

Komunitas TDA Cirebon Gelar Pesta Wirausaha, Ini Agendanya

Populer

Inilah Tambahan 16 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah 16 kasus baru. Penambahan baru tersebut merupakan kasus ke-79 sampai...

8 Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Tol Cipali

Cirebon,- Delapan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 184.300, Senin...

Budidaya Ikan Dalam Ember Semakin Diminati di Tengah Pandemi⁣

Cirebon,- Budidaya ikan lele dan ikan patin merupakan salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Bahkan, untuk...

Terkait Pengukuhan Polmak Oleh Keturunan Sultan Kasepuhan XI, Putra Mahkota Angkat Bicara

Cirebon,- Keturunan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon XI, Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan dirinya sebagai Polmak atau...

Sentosa Live Seafood Market Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Sentosa Live Seafood Market by Kharisma hadir di Kota Cirebon. Restoran Seafood hidup pertama di Kota Cirebon ini...

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bekerja sama dengan At-Taqwa Center menggelar acara yang bertajuk “Pesta Wirausaha Semarak Ramadhan Penuh Hikmah”, yang berlangsung di Gedung Islamic Center At-Taqwa, Jalan R.A. Kartini, Kota Cirebon.

1. Pembekalan untuk Pelaku Wirausaha

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 sampai 12 Mei 2019 tersebut dimeriahkan dengan berbagai stand UMKM, workshop, talkshow, hingga berbagai lomba.

Loading...

Alif Ringga, selaku Ketua TDA Cirebon mengatakan kegiatan Pesta Wirausaha yang digagas oleh TDA Cirebon bertujuan untuk membekali dan mendatangkan para pelaku UMKM.

“Kurang lebih ada 51 stand yang mengikuti kegiatan Pesta Wirausaha ini,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, untuk lomba-lomba yang dihadirkan dalam kegiatan tahunan semarak ramadhan At-Taqwa Center yakni lomba dai cilik, lomba asmaul husna, dan lomba mewarnai.

“Untuk lomba memang sudah menjadi agenda tahunan dari At-Taqwa, namun kali ini kita gabungkan dengan acara TDA,” terangnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

2. Tujuan Pesta Wirausaha

Acara Pesta Wirausaha, kata Alif, tujuan yang pertama untuk mensyiarkan produk-produk halal dari para pelaku UKM di wilayah Cirebon.

Kemudian yang kedua, membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya ekonomi Islam dan juga para pelaku UKM bisa terus tumbuh.

“Dan yang terakhir adalah membangkitkan atau menumbuhkan para pelaku UKM baru, agar termotivasi untuk belajar menjadi wirausaha,” terangnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

3. Hadirkan 17 Pembicara

Alif membeberkan, untuk agenda pesta wirausaha selama tiga hari akan diisi dengan acara seperti talkshow, seminar dan workshop dengan berbagai tema yang berbeda-beda.

“Total ada enam tema yang akan dibahas dalam kegiatan Pesta Wirausaha tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Enam tema tersebut, lanjut Alif, yakni Collaboraction Business Road Map, Workshop Building Team, Talkshow UMKM Go Export, Talkshow Inspiring Womenpreneur, Talksho UMKM Go Export dan Talkshow UMKM Go Online.

“Untuk Collaboraction Business Road Map adalah bagaimana bisnis yang bekerja sama atau berkolaborasi antara investor dengan pelaku usaha, maupun pelaku usaha dengan pelaku usaha lainnya, kolaborasi organisasi,” jelasnya.

“Dari enam tema ini, bakal ada 17 pembicara yang akan memberikan pengalaman berwirausaha,” tambah Alif.

Alif berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan bersama dengan stakholder dan yang lainnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

4. Dukung Program Pemerintah

Sementara itu, Kepala Dinas Perdaganagan, Koperasi dan UKM (DPK UKM) Kota Cirebon, Yati Rochayati mengatakan pihaknya baru mengetahui adanya komunitas TDA, padahal DPK UKM menangani langsung UMKM.

“Sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini yang digagas oleh TDA, kami sangat bersyukur,” ujarnya dalam sambutan.

Menurut Yati, TDA ikut berperan dan ikut mendukung program-program pemerintah dalam mendukung pelaku UMKM, khususnya yang ada di Kota Cirebon.

“Karena, tanpa peran serta dari pihak TDA, kami tak sanggup membina dengan jumlah UMKM di Kota Cirebon yang berjumlah sekitar 3 ribuan dan itu belum semuanya tersentuh,” terangnya.

Yati mengajak bersama-sama dengan Pemerintah dan TDA membangun wirausaha ini untuk menjadikan produk-produk UMKM bisa bersaing dengan negara-negara lain.

“Jadikan kegiatan ini menjadi motivasi kita semua, menjadi wirausaha yang tangguh, mandiri dan sukses, aamiin,” tutup Yati. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pertamina Pastikan Kecukupan LPG 3 Kg di Indramayu

Indramayu, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III memastikan ketersediaan pasokan gas LPG (liquefied petroleum gas) di wilayah...

ACT Cabang Cirebon Luncurkan Program Nasional Lumbung Sedekah Pangan

Cirebon,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon meluncurkan program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (GNLSP) yang berlangsung di Kantor ACT Cabang Cirebon, Jalan Ariodinoto No....

Seluruh Korban Kecelakaan Cipali Dapat Santunan Asuransi

⁣ ⁣Cirebon,- Korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 184.300 mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja. Santunan tersebut diberikan...

Dirgakkum Mabes Polri: Kecelakaan Tol Cipali Diduga Supir Mengantuk

Cirebon,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Tol Cikopo - Palimanan KM 184.300 mengakibatkan 8 orang meninggal dunia, pada Senin (10/8/2020), sekitar pukul 03.30 WIB.Kecelakaan...

8 Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Tol Cipali

Cirebon,- Delapan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 184.300, Senin (10/8/2020) dini hari sekitar pukul...

More Articles Like This