Kamis, 29 Oktober 2020

Komunitas TDA Cirebon Gelar Pesta Wirausaha, Ini Agendanya

Populer

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Mulai Besok Pembatasan Aktivitas Masyarakat di Kota Cirebon Dicabut

Cirebon,- Pembatasan aktivitas masyarakat di Kota Cirebon rencananya akan berlangsung sampai 31 Oktober 2020. Namun, Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi...

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bekerja sama dengan At-Taqwa Center menggelar acara yang bertajuk “Pesta Wirausaha Semarak Ramadhan Penuh Hikmah”, yang berlangsung di Gedung Islamic Center At-Taqwa, Jalan R.A. Kartini, Kota Cirebon.

1. Pembekalan untuk Pelaku Wirausaha

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 sampai 12 Mei 2019 tersebut dimeriahkan dengan berbagai stand UMKM, workshop, talkshow, hingga berbagai lomba.

Loading...

Alif Ringga, selaku Ketua TDA Cirebon mengatakan kegiatan Pesta Wirausaha yang digagas oleh TDA Cirebon bertujuan untuk membekali dan mendatangkan para pelaku UMKM.

“Kurang lebih ada 51 stand yang mengikuti kegiatan Pesta Wirausaha ini,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, untuk lomba-lomba yang dihadirkan dalam kegiatan tahunan semarak ramadhan At-Taqwa Center yakni lomba dai cilik, lomba asmaul husna, dan lomba mewarnai.

BACA YUK:  Peringati Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, Telkomsel Gelar Kompetisi Video

“Untuk lomba memang sudah menjadi agenda tahunan dari At-Taqwa, namun kali ini kita gabungkan dengan acara TDA,” terangnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

2. Tujuan Pesta Wirausaha

Acara Pesta Wirausaha, kata Alif, tujuan yang pertama untuk mensyiarkan produk-produk halal dari para pelaku UKM di wilayah Cirebon.

Kemudian yang kedua, membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya ekonomi Islam dan juga para pelaku UKM bisa terus tumbuh.

“Dan yang terakhir adalah membangkitkan atau menumbuhkan para pelaku UKM baru, agar termotivasi untuk belajar menjadi wirausaha,” terangnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

3. Hadirkan 17 Pembicara

Alif membeberkan, untuk agenda pesta wirausaha selama tiga hari akan diisi dengan acara seperti talkshow, seminar dan workshop dengan berbagai tema yang berbeda-beda.

“Total ada enam tema yang akan dibahas dalam kegiatan Pesta Wirausaha tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Enam tema tersebut, lanjut Alif, yakni Collaboraction Business Road Map, Workshop Building Team, Talkshow UMKM Go Export, Talkshow Inspiring Womenpreneur, Talksho UMKM Go Export dan Talkshow UMKM Go Online.

BACA YUK:  Petugas Gabungan di Kota Cirebon Kembali Gelar Operasi Penegakan Protokol Kesehatan

“Untuk Collaboraction Business Road Map adalah bagaimana bisnis yang bekerja sama atau berkolaborasi antara investor dengan pelaku usaha, maupun pelaku usaha dengan pelaku usaha lainnya, kolaborasi organisasi,” jelasnya.

“Dari enam tema ini, bakal ada 17 pembicara yang akan memberikan pengalaman berwirausaha,” tambah Alif.

Alif berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan bersama dengan stakholder dan yang lainnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

4. Dukung Program Pemerintah

Sementara itu, Kepala Dinas Perdaganagan, Koperasi dan UKM (DPK UKM) Kota Cirebon, Yati Rochayati mengatakan pihaknya baru mengetahui adanya komunitas TDA, padahal DPK UKM menangani langsung UMKM.

“Sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini yang digagas oleh TDA, kami sangat bersyukur,” ujarnya dalam sambutan.

Menurut Yati, TDA ikut berperan dan ikut mendukung program-program pemerintah dalam mendukung pelaku UMKM, khususnya yang ada di Kota Cirebon.

“Karena, tanpa peran serta dari pihak TDA, kami tak sanggup membina dengan jumlah UMKM di Kota Cirebon yang berjumlah sekitar 3 ribuan dan itu belum semuanya tersentuh,” terangnya.

Yati mengajak bersama-sama dengan Pemerintah dan TDA membangun wirausaha ini untuk menjadikan produk-produk UMKM bisa bersaing dengan negara-negara lain.

BACA YUK:  Tradisi Maulud di Keraton Kasepuhan Tetap Dilaksanakan, Namun Tidak Ada Undangan

“Jadikan kegiatan ini menjadi motivasi kita semua, menjadi wirausaha yang tangguh, mandiri dan sukses, aamiin,” tutup Yati. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Maknai Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020

Jakarta,- Telkomsel kembali menghadirkan program berbasis digital sebagai wadah untuk memacu kewirausahaan di segmen youth atau millennial. Program yang diberi...

Lapas Kesambi Cirebon Bagikan Masker Hasil Karya Warga Binaan

Cirebon,- Dalam rangka Hari Dharma Karyadhika tahun 2020, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi Kota Cirebon membagikan masker, hand sanitizer, dan juga vitamin kepada...

Wali Kota Cirebon Berikan Rekomendasi Pembukaan Bioskop di Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis telah memberikan surat rekomendasi terkait pembukaan bioskop di Kota Cirebon. Penyerahan tersebut diberikan usai rapat evaluasi bersama para...

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda ke-57 Tahun Akademik 2020/2021. Acara wisuda...

More Articles Like This