Senin, 25 Mei 2020

Komunitas TDA Cirebon Gelar Pesta Wirausaha, Ini Agendanya

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Bila Masih Ditemukan Warga Mudik, Polresta Cirebon Akan Putar Balik Kendaraan

Cirebon,- Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik lebaran pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 ini guna mencegah penyebaran virus...

PSBB Tahap Kedua, Pusat Perbelanjaan Boleh Buka Normal

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memutuskan untuk memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Cirebon mulai...

Masjid Raya At-Taqwa dan Masjid Sang Cipta Rasa Tidak Menggelar Salat Id

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memperpanjang masa PSBB tahap kedua selama 14 hari kedepan.PSBB tahap kedua sudah dimulai...

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bekerja sama dengan At-Taqwa Center menggelar acara yang bertajuk “Pesta Wirausaha Semarak Ramadhan Penuh Hikmah”, yang berlangsung di Gedung Islamic Center At-Taqwa, Jalan R.A. Kartini, Kota Cirebon.

1. Pembekalan untuk Pelaku Wirausaha

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 sampai 12 Mei 2019 tersebut dimeriahkan dengan berbagai stand UMKM, workshop, talkshow, hingga berbagai lomba.

Alif Ringga, selaku Ketua TDA Cirebon mengatakan kegiatan Pesta Wirausaha yang digagas oleh TDA Cirebon bertujuan untuk membekali dan mendatangkan para pelaku UMKM.

Loading...

“Kurang lebih ada 51 stand yang mengikuti kegiatan Pesta Wirausaha ini,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, untuk lomba-lomba yang dihadirkan dalam kegiatan tahunan semarak ramadhan At-Taqwa Center yakni lomba dai cilik, lomba asmaul husna, dan lomba mewarnai.

“Untuk lomba memang sudah menjadi agenda tahunan dari At-Taqwa, namun kali ini kita gabungkan dengan acara TDA,” terangnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

2. Tujuan Pesta Wirausaha

Acara Pesta Wirausaha, kata Alif, tujuan yang pertama untuk mensyiarkan produk-produk halal dari para pelaku UKM di wilayah Cirebon.

Kemudian yang kedua, membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya ekonomi Islam dan juga para pelaku UKM bisa terus tumbuh.

“Dan yang terakhir adalah membangkitkan atau menumbuhkan para pelaku UKM baru, agar termotivasi untuk belajar menjadi wirausaha,” terangnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

3. Hadirkan 17 Pembicara

Alif membeberkan, untuk agenda pesta wirausaha selama tiga hari akan diisi dengan acara seperti talkshow, seminar dan workshop dengan berbagai tema yang berbeda-beda.

“Total ada enam tema yang akan dibahas dalam kegiatan Pesta Wirausaha tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Enam tema tersebut, lanjut Alif, yakni Collaboraction Business Road Map, Workshop Building Team, Talkshow UMKM Go Export, Talkshow Inspiring Womenpreneur, Talksho UMKM Go Export dan Talkshow UMKM Go Online.

“Untuk Collaboraction Business Road Map adalah bagaimana bisnis yang bekerja sama atau berkolaborasi antara investor dengan pelaku usaha, maupun pelaku usaha dengan pelaku usaha lainnya, kolaborasi organisasi,” jelasnya.

“Dari enam tema ini, bakal ada 17 pembicara yang akan memberikan pengalaman berwirausaha,” tambah Alif.

Alif berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan bersama dengan stakholder dan yang lainnya.

Pesta Wirausaha TDA Cirebon

4. Dukung Program Pemerintah

Sementara itu, Kepala Dinas Perdaganagan, Koperasi dan UKM (DPK UKM) Kota Cirebon, Yati Rochayati mengatakan pihaknya baru mengetahui adanya komunitas TDA, padahal DPK UKM menangani langsung UMKM.

“Sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini yang digagas oleh TDA, kami sangat bersyukur,” ujarnya dalam sambutan.

Menurut Yati, TDA ikut berperan dan ikut mendukung program-program pemerintah dalam mendukung pelaku UMKM, khususnya yang ada di Kota Cirebon.

“Karena, tanpa peran serta dari pihak TDA, kami tak sanggup membina dengan jumlah UMKM di Kota Cirebon yang berjumlah sekitar 3 ribuan dan itu belum semuanya tersentuh,” terangnya.

Yati mengajak bersama-sama dengan Pemerintah dan TDA membangun wirausaha ini untuk menjadikan produk-produk UMKM bisa bersaing dengan negara-negara lain.

“Jadikan kegiatan ini menjadi motivasi kita semua, menjadi wirausaha yang tangguh, mandiri dan sukses, aamiin,” tutup Yati. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Sembuh

Cirebon,- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sembuh.Berdasarkan hasil...

Slamet Anak Sebatang Kara yang Tinggal di Rumah Hampir Ambruk

Cirebon,- Slamet (15) asal Blok Singkil 2 RT 02 RW 07, Desa Astanajapuran Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, kondisinya terlihat memperihatinkan.Pasalnya, Slamet merupakan anak yatim...

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

Cirebon,- Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan satu pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (23/5/2020).Sehingga, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19...

H-2 Jelang Lebaran Idulfitri, Polresta Cirebon Terus Lakukan Penyekatan Selama 24 Jam

Cirebon,- H-2 jelang Hari Raya Idulfitri tahun 2020, jajaran Polresta Cirebon bersama dengan unsur lainnya terus melakukan penyekatan di wilayah Kabupaten Cirebon.Kapolresta Cirebon, Kombes...

Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Minuman Keras Hasil Razia

Cirebon,- Polresta Cirebon memusnahkan barang bukti sepuluhan ribu botol minuman keras (miras) berbagai jenis hasil razia.Pemusnahan yang dihadiri Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten...

More Articles Like This