Komunitas Pecinta Kereta Api, Railfans Menjadi Sukarelawan Saat Libur Nataru di Daop 3 Cirebon

Cirebon,- PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon memberikan apresiasi kepada komunitas pecinta KA atau “Railfans” yang secara sukarela terlibat memberikan pelayanan kepada para penumpang selama masa Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Mereka yang kebanyakan adalah pelajar tingkat SMP dan SMA merelakan waktu liburan sekolahnya untuk menjadi relawan dengan membantu penumpang KA atau masyarakat yang hendak menggunakan kereta api atau sekedar bertanya jadwal perjalanan KA di stasiun.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arief mengatakan di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat dua komunitas pecinta KA yang tersebar memberikan pelayanan di empat stasiun. Yakni Komunitas Edan Sepur di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan serta Komunitas Railfans Daop 3 (KRD3) di Stasiun Jatibarang dan Stasiun Haurgeulis.

BACA YUK:  Jelas Arus Mudik Lebaran, Pj Wali Kota Cirebon Lakukan Ramp Check di Terminal Harjamukti

“Masing-masing komunitas pencinta KA ini memiliki anggota yang bervariasi jumlahnya, yakni di kisaran 20 hingga 50 orang dan masih berstatus pelajar,” ujar Luqman, Kamis (2/1/2020).

Selama Posko Nataru, lanjut Luqman, terdapat sejumlah tugas yang dikerjakan oleh para anggota railfans tersebut secara sukarela. Di antaranya, mengantarkan penumpang agar tak salah nomor kursi dan masuk kereta, membantu penumpang penyandang cacat, membantu membawakan tas milik penumpang, membantu penumpang yang kebingungan melakukan boarding dan check in, memberitahukan informasi jadwal keberangkatan kereta, dan masih banyak lainnya.

BACA YUK:  Masa Angkutan Lebaran 2024, Daop 3 Cirebon Kerahkan 305 Petugas Keamanan

“Melalui kegiatan ini, saya selaku Manager Humas Daop 3 Cirebon mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari teman-teman Railfans selama masa angkutan Nataru,” kata Luqman Arif.

“Dengan adanya kehadiran komunitas pecinta KA di Stasiun, selain membantu juga memberikan semangat kepada para pekerja KAI lainnya,” tambah Luqman.

Sementara itu, salah satu Railfans, Syahdinar mengaku senang dengan membantu PT KAI memberikan pelayanan selama pelaksanaan posko Nataru 2019/2020 ini. Selain bangga karena pengetahuan dan kecintaannya terhadap kereta api bisa bermanfaat bagi orang lain, melalui kegiatan posko tersebut ia bisa bersilaturahmi dengan teman-teman railfans lainnya.

BACA YUK:  Antisipasi Lonjakan Trafik di Momen RAFI 2024, Telkomsel Optimalkan Kesiapan Jaringan

“Kami melakukan ini sukarela tanpa dibayar dan kami senang membantu penumpang dengan menjadi pemandu bagi mereka yang membutuhkan informasi,” ujarnya.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif kami dan teman-teman. Kita yang mengajukan ke PT KAI, bahwa kita siap membantu. Kebetulan juga masa posko Nataru bertepatan dengan libur sekolah,” tambahnya.

Selama 15 hari pelaksanaan Posko Nataru, PT KAI Daop 3 Cirebon telah melayani sebanyak 113.109 penumpang yang naik dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon.

Jumlah itu naik 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 109.179 penumpang. Masa angkutan Nataru berlangsung dari tanggal 19 Desember 2019 hingga tanggal 5 Januari 2020. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *