Kolaborasi dengan Rumah Zakat, Kelurahan Kesenden Hadirkan Program Green House dan Baperkam Mart

Cirebon,- Kelurahan Kesenden dan Rumah Zakat Kota Cirebon meluncurkan dua program di RW 04, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Senin (24/1/2022). Dua program tersebut yakni Green House dan Baperkam Mart.

Dua program ini diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati, Lurah Kesenden, dan juga Rumah Zakat Kota Cirebon, serta masyarakat sekitar. Eti mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu meluncurkan dua program.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat yang kali ini di Kelurahan Kesenden telah memberikan dua program. Dua programnya adalah Baperkam Mart dan Green House,” ujar Eti usai meresmikan.

Program Green House ini, lanjut Eti, sangat bermanfaat untuk menopang gizi anak-anak kurang gizi atau mengurangi stanting. Menurut Eti, perhatian Rumah Zakat dalam tumbuh kembang anak ini, ditindaklanjuti dengan adanya Green House.

BACA YUK:  Kemilau HUT Ke-33, CEO FIFGROUP: Terus Berupaya Jadi Terbaik Bagi Masyarakat

“Kepedulian Rumah Zakat juga dengan situasi sampah di Kota Cirebon yang begitu banyak, dapat mengedukasi warganya dalam menghasilkan untuk kebutuhannya kembali. Baperkam Mart ini, salah satu titik kumpul ibu-ibu untuk menyetor sampah yang ditukar dengan kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Eti berharap, untuk mengurangi sampah rumah tangga ini bisa dilakukan program Baperkam Mart di seluruh RW di Kota Cirebon. “Harapan saya di setiap RW di Kota Cirebon miliki program seperti ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Kadini menambahkan progam Green House ini untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Cirebon. Program ini, lanjut Kadini, salah satu usaha kita dalam memberikan RTH di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Sambut Kemilau HUT ke-33 Tahun, FIFGROUP Ajak Milenial Untuk Kritis & Kreatif di Era Disrupsi Digital Lewat Webinar

“Kami harapkan di seluruh RW di Kota Cirebon bisa membuat program yang serupa. Dan kita bisa meningkatkan RTH,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kesenden Kota Cirebon, Ruliyanto mengatakan hari ini kami Kelurahan Kesenden melaunching 2 program yang bekerja sama dengan Rumah Zakat wilayah Cirebon. Dua program itu adalah Green House dan Baperkam Mart.

“Green House ini semacam apotik hidup yang nanti hasil green house ini diberikan sebagai suplai makanan tambahan bagi anak-anak. Tercatat ada 24 anak di Kelurahan Kesenden yang menderita stunting,” ujarnya.

BACA YUK:  Spektra Fair Kunjungi 106 Titik di Indonesia, Hadirkan Solusi Finansial Sambut Ramadan 1443 Hijriah

Rulianto, menambahkan dengan hadirnya Green House ini dapat memberikan sedikit dampak dalam rangka penurunan stunting dan juga mensukseskan progam zero stunting di wilayah Kota Cirebon.

“Harapannya ke depan, bila pilot projet green house di RW 04 dirasa cukup berhasil, kami akan menularkan kepada RW-RW yang lain. Sehingga banyak manfaat yang di peroleh dan menurunkan angka stunting dan penambahan RTH,” ungkapnya.

Selain program Green House, kata Ruli, terdapat program Baperkam Mart, program ini untuk penukaran sampah dengan sembako. “Jadi sembako yang tersedia di Baperkam Mart dapat ditukar dengan sampah, yang nantinya masyarakat memiliki buku tabungan sampah,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 38 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.