Kolaborasi dengan Puskesmas Lurah, Alumni Smansa Angkatan 92 Cirebon Gelar Bakti Sosial

Cirebon,- Keluarga Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (Smansa) Kota Cirebon angkatan 92 menggelar bakti sosial (Bansos), Jumat (25/11/2022). Kegiatan yang berlangsung di UPTD Puskesmas Lurah, Jalan Pangeran Antasari, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon ini dalam rangka rangkaian Reuni 30 tahun Smansa 92 Cirebon.

Kegiatan bakti sosial tersebut juga dalam rangka mendukung program pemerintah terkait dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Berbagai acara dihadirkan, mulai dari senam bersama, pengobatan gratis, donor darah, konsultasi psikologi, makan buah bersama, dan juga berbagai perlombaan.

Ketua Pelaksana Bakti Sosial Reuni 30 tahun Smansa 92 Cirebon, Cecep Ade Pramono mengatakan kegiatan bakti sosial ini dalam rangka rangkaian Reuni Alumni Smansa angkatan 92 Kota Cirebon. Bakti sosial, lanjut Cecep, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, dalam hal ini UPTD Puskesmas Lurah, Kecamatan Plumbon.

BACA YUK:  Korem 063/SGJ Gelar West Java Triathlon 2022 dan Pameran Alustista

“Pada bakti sosial, kami menggelar program Germas, salah satunya pengobatan gratis, vaksinasi COVID-19, pengecekan kesehatan, donor darah, senam massal, konsultasi psikologis dari alumni Smansa 92 Cirebon, dan masih banyak lainnya,” ujar Cecep kepada About Cirebon.

“Kami juga memberikan banyak sekali doorprize dan hadiah-hadiah untuk peserta yang mengikuti lomba Germas. Doorprize utamanya ada kulkas dan berbagai hadiah menarik lainnya,” tambahnya.

Pihaknya juga memberikan piagam penghargaan dan bingkisan untuk masyarakat terkait pemberian ASI eksklusif. Program baksos ini, menurutnya, sebagai bentuk dukungan para alumni Smansa 92 Cirebon terkait program yang dicanangkan oleh pemerintah, seperti percepatan vaksinasi salah satunya dan pola hidup sehat.

“Program baksos ini untuk membantu pemerintah terkait pencapaian vaksinasi COVID-19, makanya kami adakan vaksinasi. Selain itu, untuk membantu persediaan darah di PMI, kami juga menggelar kegiatan donor darah. Jadi sebelum melakukan acara ini, kami berkoordinasi terlebih dahulu program apa saja yang bisa kami dukung untuk masyarakat sekitar,” katanya.

BACA YUK:  Gelaran Porprov XIV Tahun 2022 Resmi Dimulai, Kontingen Kota Cirebon Siap Bertanding

Keluarga Alumni Smansa 92 Cirebon berharap dengan adanya kegiatan Germas ini, masyarakat bisa lebih memiliki rasa kesadaran akan kesehatan. Seperti dengan edukasi-edukasi yang diberikan, masyarakat bisa menjaga kesehatan.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Lurah, Kecamatan Plumbon, drg. Tanti Trislowati menyambut baik dengan adanya program bakti sosial yang dilakukan oleh para alumni Smansa angkatan 92 Cirebon. Pihaknya juga berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan dari para almuni.

“Saya senang sekali dan berterima kasih kepada para Alumni Smansa 92 Cirebon yang telah melaksanakan bakti sosial. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan mendidik bagi masyarakat dan tahun-tahun depan bisa berlanjut,” ujarnya.

BACA YUK:  Komisi I DPRD Kota Cirebon Minta Pemkot Lebih Cermat dalam Perencanaan Anggaran 

Kegiatan pada bakti sosial ini, kata Tanti, dimeriahkan dengan senam bersama, lomba cuci tangan pakai sabun yang diikuti perwakilan dari desa yang ada di wilayah Puskesmas Lurah, pemeriksaan gratis, vaksinasi COVID-19. Untuk vaksinasi bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Cirebon dengan menyediakan 70 dosisi vaksinasi booster kedua.

“Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini. Apalagi untuk kegiatan Germas sendiri di wilayah Puskesmas Lurah sudah sangat baik, terbukti disini sudah Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sudah 100 persen. Mudah-mudahan kesadaran masyarakatnya terus meningkat,” ungkapnya.

Menurut Tanti, pihaknya selalu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait gerakan masyarakat hidup sehat. Sehingga, dengan edukasi dan sosialisasi ini kesadaran masyarakat selalu meningkat dan status derajat masyarakat di wilayah Puskesmas Lurah meningkat, sehingga morbiditas (angka kesakitan) bisa diturunkan. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *