Kirab Budaya Meriahkan Festival Talun Ngangeni 2023

Cirebon,- Dalam memeriahkan dan memperingati 1 Suro Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon menggelar sejumlah rangkaian pentas seni dan budaya. Salah satunya adalah Kirab Budaya dengan tagline “Festival Talun Ngangeni 2023”.

Kirab Budaya diikuti oleh sebanyak 11 desa di Kecamatan Talun, yang setiap desa menampilkan kreasi seni dan budayanya masing-masing seperti kesenian Burok, kendaraan hias, Gunungan Sedekah Bumi, Tari-tarian, jalan sehat dan masih banyak yang lainnya.

Kirab Budaya Kecamatan Talun dengan berbagai kreasi seni melakukan pawai yang dimulai dari Jalan Ir. Soekarno, Jembatan Merah, Desa Sampiran, Desa Cirebon Girang dan finish di sekitar Makam Kramat Mbah Kuwu di Talun.

BACA YUK:  Satlantas Polres Cirebon Kota Gandeng Pendongeng Terkenal Kota Cirebon Hibur Pemudik

Ketua Panitia Festival Kirab Budaya Talun Sujaya mengatakan, dalam memperingati hari 1 Suro pihaknya bersama masyarakat sekitar membuat rangkaian kegiatan pentas seni dan budaya yang dimulai pada Rabu (19/07/2023) dan Kamis (20/07/2023).

“Kegiatannya dimulai dari Kamis kemarin dengan pentas seni semua sanggar yang ada di Talun seperti tari topeng dan kreasi seni tari tradisional lainnya.
Dilanjutkan dengan Sendratari dengan judul Bumi Menggugat untuk memberikan pendidikan kepada warga untuk selalu bersyukur dengan hasil bumi,” katanya, Kamis (20/07/2023).

BACA YUK:  Waspada DBD, Kasus DBD di Kota Cirebon Naik Signifikan

Ia melanjutkan, di hari berikutnya kreasi seni dan budaya dalam memeriahkan hari 1 Suro sekaligus sedekah bumi, dilanjutkan dengan Festival Talun Ngangeni dalam bentuk Kirab Budaya.

“Kirab Budaya ini finish di Makam Mbah Kuwu Talun yang akan dilanjutkan dengan Grebeg Sedekah Bumi, lalu ada tradisi makan bubur Sura malamnya ada pagelaran wayang golek,” terangnya.

Sementara, ditemui setelah melepas Kirab Budaya Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si berharap, dengan adanya pentas seni dan kirab budaya Kabupaten Cirebon bisa lebih maju dalam hal budaya dan pariwisata.

BACA YUK:  Sangat Menginspirasi, Tukang Parkir Raih Gelar Sarjana dari UIBB Cirebon

“Kami berharap kirab budaya ini berdampak positif bagi kemajuan Kabupaten Cirebon,” katanya.

Kreasi Seni dan Kirab Budaya menurutnya, bisa menjadi potensi pariwisata sehingga dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi ke Kabupaten Cirebon.

“Menjadi salah satu tujuan wisata kita di Kabupaten Cirebon dan menjadi potensi unggulan wisata di Kecamatan Talun,” pungkasnya. (AGS)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *