Kirab Budaya Cap Go Meh di Kota Cirebon Berlangsung Meriah

Cirebon,- Ribuan pengunjung memadati acara kirab budaya Cap Go Meh tahun 2569 atau 2018 di Vihara Dewi Welas Asih, Kota Cirebon, Jumat (2/3/2018).

Perayaan Cap Go Meh yang jatuh di hari ke-15 atau hari puncak dari Imlek tahun 2569 tersebut berlangsung meriah.

Bukan hanya masyarakat etnis Tionghoa saja yang ikut meramaikan arak-arakan kirab budaya, namun juga seluruh lapisan masyarakat membaur dan menyemarakkan perayaan Cap Go Meh.

Pantauan About Cirebon di lokasi, sebelum dimulainya arak-arakan Cap Go Meh diawali dengan penghormatan oleh Barongsai, dilanjut dengan penyalaan petasan di dalam Vihara Dewi Welas Asih.

BACA YUK:  Disdukcapil Kota Cirebon Sudah Gunakan SIAK Terpusat, Ini Kelebihannya

Kemudian satu persatu joli atau tandu keluar dari Vihara Dewi Welas Asih untuk menyusuri jalanan Kota Cirebon. Ada 16 joli yang ikut pada kirab budaya tahun 2569, setiap joli membawa satu patung dewa.

Lia, salah satu warga yang menyaksikan mengatakan bahwa dirinya rutin setiap tahun nonton acara Cap Go Meh bersama sang anak.

“Perayaan Cap Go Meh ada pesona tersendiri ketika melihat joli diarak dan dewa-dewa dibawa keluar dari tempat ibadah,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Dorong UHC Kota Cirebon, Komisi III Sinkronisasi Proses Pendaftaran BPJS

Sementara itu, Iwan, Ketua Pelaksana Kirab Budaya Cap Go Meh berharap, perayaan Cap Go Meh tahun ini Cirebon lebih aman, tentram, dan ramah bagi semua orang baik dari dalam kota Cirebon maupun luar Kota Cirebon.

“Kami pun berharap, Cirebon menjadi kota yang melestarikan budaya warisan leluhur yang beraneka ragam, sesuai dengan semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya. (AC212)

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.