Kesiapan Jaringan Indosat Mendukung Program Mudik dan Lebaran

Kesiapan Jaringan Indosat

Mendukung Program Mudik dan Lebaran

 

Jakarta, 30 Juli 2012 – Memberikan manfaat kepada pelanggan dalam setiap aktifitas apapun, Indosat siap mendukung aktifitas komunikasi pelanggan selama bulan Ramadhan melalui berbagai layanan termasuk kesiapan jaringannya.  Indosat adalah operator terintegrasi, yang melayani pelanggan untuk berbagai layanan yaitu seluler, data tetap, SLI, satelit dan internet.

 

“Menyambut Ramadhan serta Idul Fitri tahun ini, Indosat meluncurkan berbagai program yang diharapkan dapat mendukung aktifitas selama masa tersebut. Selain meluncurkan berbagai program yang inovatif, Indosat juga mempersiapkan kualitas jaringannya agar dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama bulan Ramadhan serta masa mudik Lebaran”, demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

 

Beberapa program yang dilakukan Indosat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggannya  antara lain:

 

Program Ramadhan Indosat

Mengusung tema “Ramadhan Makin Penuh Berkah” Indosat telah menghadirkan program Gratis 3 Hari 3 Malam ++,  program VAS Berkah Ramadhan, program Berkah I-Ring Religi serta program Berkah Info Senyum bagi pelanggan selulernya setianya.

 

Peningkatan Kapasitas jaringan

Memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, agar pelanggan selulernya  dapat menikmati semua program tersebut dengan nyaman, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasinya. Secara nasional, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa. Secara nasional, hingga kwartal pertama 2012, Indosat melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 18.408.

BACA YUK:  Pererat Silaturahmi, Rumah Sakit Putera Bahagia Siloam Cirebon Gelar Berbagai Kegiatan di Bulan Ramadan

 

Kesiapan SNOC

Mendukung kenyamanan berkomunikasi pelanggan dari gangguan jaringan yang mungkin terjadi, Indosat melakukan pemantauan stabilitas dan kualitas jaringannya secara nasional melalui fasilitas Single Network Operation Center (SNOC) yang telah hadir sejak tahun 2004. Pada tahun 2010, SNOC menempati lokasi tersendiri di Serpong, Tangerang – Banten, dan menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi. SNOC akan memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat. Khusus selama masa Mudik Lebaran, SNOC akan mendukung pusat pemantauan performansi jaringan di Command Centre yang akan beroperasi sejak H-3 hingga H+3 Lebaran.

 

Indosat Command Center H-3 Sebelum Lebaran

Khususnya menjelang Lebaran atau H-3, setiap tahun Indosat membentuk tim internal yaitu Indosat Command Centre yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara nasional khusus selama Lebaran. Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

BACA YUK:  Wow, Realisasi Dana CSR Jabar Naik Jadi Rp251 Miliar

 

Drive Test di Semarang dan Surabaya

Memastikan bahwa layanan dan kapasitas jaringan yang telah disiapkan dapat digunakan dengan baik oleh pelanggan selama Ramadhan dan mudik Lebaran, Indosat mengadakan uji jaringan telekomunikasi selulernya di 2 kota yang menjadi jalur utama kegiatan mudik yaitu Semarang dan Surabaya. Uji jaringan atau drive test bertujuan untuk memastikan bahwa layanan Indosat di wilayah-wilayah yang menghubungkan berbagai daerah tujuan mudik tersebut dapat diakses dan dinikmati pelanggan dengan nyaman, lancar dan tanpa gangguan.

 

Beberapa parameter yang diukur antara lain tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan bila pelanggan melakukan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS oleh pelanggan. Kecepatan pelanggan dalam melakukan browsing data juga diuji, termasuk vidoe streaming.

 

Uji jaringan di lakukan untuk semua layanan Indosat baik suara, SMS maupun data, di titik-titik dan jalur-jalur padat pemudik. Kegiatan ini pun dilakukan secara mobile terus-menerus (drive test) dari lokasi satu ke lokasi berikutnya diatas. Di Surabaya dilakukan seperti di bandara Juanda Surabaya  yang menjadi penghubung penerbangan dari dan ke wilayah Indonesia Bagian Timur. Uji jaringan juga dilakukan stasiun Gubeng yang menjadi penghubung pemudik dari wilayah Barat ke Timur serta sebaliknya. Kebun Binatang Surabaya juga menjadi titik uji jaringan sebagai salah satu tujuan wisata pemudik saat Lebaran. Dari uji jaringan di Surabaya, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 97.27%, tingkat call drop 0%, tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 9 detik. Akses internet yang mengambil lokasi di Kebun Binatang Surabaya memperoleh hasil rata-rata kecepatan 3.02 Mbps. Untuk mengunduh (download) dokumen sebesar 73.67 MB dengan menggunakan perangkat smartphone, hanya membutuhkan waktu 2 menit.

BACA YUK:  Toko Mas Pantes GCM Miliki Service Center, Ada Promo Menarik pada 16 - 18 Februari 2024

Sementara itu uji jaringan di Semarang sebagai salah satu kota jalur mudik terbesar juga dilakukan di Bandara Ahmad Yani sebagai pintu masuk jalur udara. Kemudian di sepanjang jalur Semarang – Ungaran yang merupakan jalur utama yang cukup padat selama mudik Lebaran karena menghubungkan Jawa Tengah bagian utara ke kota-kota di bagian selatan wilayah tersebut. Uji jaringan di wilayah ini juga menunjukkan hasil yang positif. Dari uji jaringan di Semarang, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 100 % (2G) dan 98% (3G), tingkat call drop 0 % (2G) dan 2% (3G),  tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 8 detik. Akses internet yang mengambil lokasi di Airport, Lawang Sewu, Terminal Banyumanik, Restauran Godong Salam Semarang memperoleh hasil rata-rata kecepatan 2.1 Mbps. Beberapa indikator pengukuran ini menunjukkan performasi bagus di kedua kota jalur mudik tersebut.

 

“Melihat performansi yang baik dari beberapa indikator pengukuran selama uji jaringan tersebut, kami yakin dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami selama masa mudik lebaran”, tambah Adrian Prasanto.

 

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *