Kereta Cepat Jakarta-Cirebon 1 Jam Selesai 2019

Jakarta, 12 November 2016,- Pemerintah Pusat mengklaim proyek kereta semicepat Jakarta – Surabaya yang dimulai pada tahun 2017 ditargetkan sudah beroperasi pada tahun 2019.

“Diharapkan akan mulai tahun depan, selesai akhir 2019 sudah ada, tinggal penguatan saja,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan seperti dalam rilis yang diterima AboutCirebon Biro Jakarta, Jumat (11/11/2016).

[Baca ini ya : Kereta Cepat Jakarta-Cirebon Hanya 1 Jam, Mau?]

Menurut Luhut, proyek kereta berkecepatan 165-180 km/jam akan dimulai dengan studi kelayakan (feasibility study) oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan pihak Jepang.

BACA YUK:  Tanggal Cantik, Kondisi Memungkinkan 11 Bayi Lahir Secara Sesar di RSIA Cahaya Bunda

Studi kelayakan rencananya dimulai pada tahun 2017 dengan pembiayaan dari Pemerintah Indonesia. Diharapkan studi kelayakan selesai dalam enam bulan.

[Baca ini ya : KA Jakarta-Cirebon 1 Jam Ditentukan dalam 2 Bulan]

Luhut meyakini proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya via Cirebon akan berdampak luas terutama bagi perekonomian sekitar lokasi proyek. Karena dipastikan proyek tersebut akan dapat menyerap banyak tenaga kerja yang akan membantu pembangunan lintasan bawah rel agar tidak membahayakan laju kereta.

“Karena akan membuat hampir 900 underpass tentu akan menciptakan lapangan kerja hingga ratusan ribu,” pungkas Luhut.

BACA YUK:  Waspada Isu Penculikan Anak, ini Imbauan Kapolres Cirebon Kota

Nantinya, kereta Medium Speed Train (MST) ini diperkirakan akan memiliki waktu tempuh Jakarta-Cirebon hanya 1 jam, Jakarta-Semarang 3 jam dan Jakarta-Surabaya 6 jam. (AC250)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *