Keraton Kasepuhan Cirebon Sambut Baik Kehadiran Sekolah Tari Gratis

Cirebon,- Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut baik dengan dibukanya Sekolah Tari Gratis yang baru saja diresmikan pada Sabtu (22/9/2018) di Keraton Kasepuhan.

Sultan Sepuh XIV, P.R.A. Arief Natadiningrat melalui Ratu Raja Alexandar Natadiningrat menyampaikan bahwa Cirebon memiliki berbagai tari-tarian khas diantaranya tari topeng dengan lima wandanya, tari tayub, tari sintren, dan lain sebagainya.

Baca juga ya Pertamina Internasional EP Resmikan Sekolah Tari Gratis di Keraton Kasepuhan Cirebon

“Kesenian-kesenian tersebut adalah hasil dari peninggalan budaya para pendiri Cirebon yang secara turun menurun dan terus dijaga dan menyesuaikan perkembangan zaman,” ujarnya.

BACA YUK:  Panjunan Disiapkan Menjadi Destinasi Kampung Arab

Lanjut dia, salah satu kekuatan Kesenian Cirebon adalah memiliki nilai-nilai filosofi yang tinggi. Maka, kesenian Cirebon disamping bisa menjadi tontonan, juga bisa dijadikan tuntunan sebagai salah satu kearifan lokal Cirebon.

“Sebagai upaya untuk melestarikan seni budaya Cirebon dan harus terus ditingkatkan. Oleh karenanya, kami menyambut baik dan mengapresiasi atas diresmikannya sekolah tari gratis di Keraton Kasepuhan Cirebon,” ungkapnya.

Sekolah Tari Gratis di Keraton Kasepuhan, bekerja sama dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia (BBI) yang didukung oleh Pertamina Internasioan EP (PIEP), menurut Ratu, merupakan cerminan kepedulian terhadap pelestarian budaya, adat istiadat, dan tradisi warisan Adi Luhung para pendiri Cirebon.

BACA YUK:  Info Loker : Kinderfield Highfield School Cirebon

“Pelestarian budaya ini juga sebagai penting sekali untuk menjaga jati diri bangsa di era globalisasi yang penuh tantangan dan memerlukan ketahanan budaya dari kita semua bangsa Indonesia,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya Sekolah Tari Gratis ini bisa bermanfaat bagi ketahanan budaya masyarakat Cirebon dan Indonesia pada umumnya.

Sekolah tari gratis di Keraton Kasepuhan merupakan bagian dari rangkaian program Cosporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Internasioan EP di Kota Cirebon.

Sehari sebelumnya, Pertamina Internasioan EP telah melaksanakan program Pertamina Mengajar sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan. (AC212)

BACA YUK:  Opini : Peranan Pemuda Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Era Globalisasi Melalui Pemahaman Wawasan Nusantara
(Dilihat: 22 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.