Senin, 24 Januari 2022

Kerap Terjadi Kecelakaan, PT. KAI Daop 3 Cirebon Lakukan Sosialisasi di Perlintasan Sebidang

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Perlintasan sebidang KA merupakan salah satu titik dimana sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Melihat fakta tersebut, PT. KAI (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon bersama instansi terkait melakukan sosialisasi di sejumlah perlintasan sebidang.

Dalam melakukan sosialisasi Perlintasan Sebidang di Jalan R.A Kartini, Kota Cirebon, PT. KAI Daop 3 Cirebon menggandeng pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, dan Komunitas Pecinta Kereta Api.

1. Sosialisasi Perlintasan Sebidang

Loading...

Manager Humas PT. KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan kegiatan ini merupakan upaya PT. KAI untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan raya agar mereka melewati perlintasan sebidang mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang disediakan.

“Karena kita tahu, terjadinya kecelakan berawal dari pelanggaran aturan yang ada,” ujarnya di sela-sela kegiatan sosialisasi di Perlintasan Sebidang, Jalan R.A Kartini, Kota Cirebon, Selasa (17/9/2019).

BACA YUK:  BI Cirebon dan TP2DD Kabupaten Cirebon Implementasikan Pembayaran QRIS Di Pasar Ciledug

Lanjut Luqman, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 17 sampai 18 September 2019 di enam lokasi perlintasan sebidang.

“Enam lokasi ini berada di wilayah Daop 3 Cirebon, seperti daerah Tegal, Kabupaten dan Kota Cirebon, serta Indramayu,” ungkapnya.

“Kegiatan serupa juga KAI lakukan serentak di sejumlah perlintasan sebidang di Jawa dan Sumatera,” imbuhnya.

2. Angka Kecelakaan Meningkat

Selama tahun 2019, kata Luqman, di wilayah Daop 3 Cirebon telah terjadi 47 kali kecelakaan di perlintasan sebidang yang mengakibatkan 45 nyawa melayang.

“Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah sekitar 35 kali kecelakaan dalam kurun waktu yang sama yang mengakibatkan 40 nyawa,” terangnya.

Menurut Luqman, salah satu tingginya angka kecelakaan pada perlintasan juga kerap terjadi lantaran tidak sedikit para pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui sejumlah rambu yang terdapat pada perlintasan resmi.

BACA YUK:  Momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Trafik Broadband Telkomsel Melonjak Hingga 22 Persen

“Meskipun perlintasan dijaga atau tida dijaga, pengendara wajib berhati-hati, wajib mendahulukan perjalanan kereta ap ketika melewati perlintasan sebidang,” jelasnya.

3. Penutupan Perlintasan Sebidang

Daop 3 Cirebon mencatat, terdapat 71 perlintasan sebidang dijaga, 92 perlintasan sebidang tidak dijaga dan 11 perlintasan liar di sepanjang jalur KA dari Brebes – Tanjungrasa dan Cirebon Prujakan – Songgom.

Sedangkan perlintasan tidak sebidang baik berupa flyover maupun underpass berjumlah 25.

“Dari tahun 2019 hingga bulan Agustus 2019 ini, Daop 3 Cirebon telah menutup sebanyak 63 perlintasan sebidang tidak resmi,” kata Luqman.

Meskipun kewajiban terkait penyelesaian keberadaan di perlintasan sebidang bukan menjadi bagian dari tanggung jawab KAI selaku operator, namun kata Luqman, untuk mengurangi kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang beberapa upaya telah dilakukan KAI.

Selain itu, tambah Luqman, pada Undang-undang No.22 Tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 114 menyatakan bahwa, pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi.

“Mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel,” bebernya.

BACA YUK:  Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang semakin meningkat.

“Sebab, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara jalan tetapi juga perjalanan kereta api,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This